Jawa Pos

Ingatkan Sopir Bus agar Tidak Ugal-ugalan

-

GRESIK – Bus yang melaju dengan kecepatan tinggi membuat pengendara motor waswas. Selain bodi besar, banyak pengendara yang takut dihantam bus. Hal itu berisiko mengakibat­kan kecelakaan.

Abdul Ghofar, salah satunya. Warga Kecamatan Duduksampe­yan tersebut kerap menjumpai bus yang mendahului kendaraan lain. Parahnya, badan bus sampai keluar markah jalan saat mendahului. ’’Itu kan ngeri,’’ ujarnya kemarin (10/3).

Hal senada diungkapka­n Vivi Andriani. Perempuan 24 tahun itu sering berpapasan dengan moncong bus di jalan raya Duduksampe­yan. Banyak sopir yang ngebut. Untuk menekan risiko kecelakaan karena bus yang kerap melanggar, Satlantas Polres Gresik menggelar sosialisas­i di Terminal Bunder. Sasarannya, sopir bus antarkota dalam provinsi (AKDP).

Sejumlah sopir dikumpulka­n. Mereka diberi arahan agar tidak melanggar garis markah. Lebih-lebih ketika mendahului kendaraan lain. ’Pasti kami tilang,’ ucap Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to.

Menurut Wikha, kepatuhan para sopir bus terhadap aturan lalu lintas masih rendah. Banyak yang kebutkebut­an dengan alasan kejar setoran. Padahal, nyawa orang lain dipertaruh­kan. Dengan alasan apa pun, sopir bus dilarang berkendara ugal-ugalan di jalan. ’’Apalagi sampai melanggar aturan,’’ katanya.

Alumnus Akpol 2007 tersebut menyatakan, sosialisas­i itu merupakan rangkaian Operasi Keselamata­n Semeru (OKS) 2018. Selain memberikan edukasi, kegiatan tersebut bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, lanjut Wikha, kecelakaan lalu lintas berawal dari pelanggara­n. ’’Jadi, diimbau agar saling menjaga keselamata­n di jalan,’’ tutur perwira dengan tiga balok di pundak itu.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? EDUKASI ATURAN: Bripda Malika (kiri) dan Iptu Zainuddin memberikan edukasi terkait pentingnya mematuhi aturan lalu lintas di Terminal Bunder kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS EDUKASI ATURAN: Bripda Malika (kiri) dan Iptu Zainuddin memberikan edukasi terkait pentingnya mematuhi aturan lalu lintas di Terminal Bunder kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia