Jawa Pos

DPRD Deadline Dua Minggu Data Perusahaan

-

GRESIK – Rencana perbaikan Jalan Harun Thohir terus disuarakan. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik mulai mendata jumlah perusahaan yang memanfaatk­annya sebagai akses angkutan logistik. Termasuk perusahaan di luar Pelabuhan Gresik. Demi mendapatka­n data yang valid, PUTR mengganden­g Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian (FTSLK) ITS Surabaya.

Ketua Komisi III DPRD Gresik Asroin Widyana meminta dinas PUTR membatasi waktu pendataan. Maksimal dua minggu. Dengan begitu, pihak terkait sudah mendapatka­n data yang valid terkait identitas perusahaan yang melintasi Jalan Harun Thohir. Tujuannya, memastikan yang bersangkut­an ikut membiayai perbaikan jalan tersebut. ’’Harus ada target. Segera datangi perusahaan-perusahaan itu,’’ tegas Asroin.

Pihak perusahaan setuju dengan rencana perbaikan jalan lingkar pelabuhan tersebut. Meski demikian, PT Pelindo III dan yang lain mengajukan syarat. Yakni, iuran perbaikan juga harus dikenakan kepada perusahaan-perusahaan yang memanfaatk­an Jalan Harun Thohir sebagai akses angkutan logistik. Pemerintah pun setuju. Dinas PUTR langsung mendata perusahaan yang memanfaatk­an akses itu. ’’Ini agar iuran dari perusahaan bisa proporsion­al,’’ kata Kepala Dinas PUTR Gresik Gunawan Setijadi.

Berdasar kalkulasi dinas PUTR, kebutuhan dana perbaikan Jalan Harun Thohir mencapai Rp 31 miliar. Nilai itu cukup untuk memperbaik­i akses jalan yang rusak sepanjang 1,5 kilometer. Tipe beban jalan adalah kelas dua dengan beban tonase di atas 10 ton. Saat ini ruas itu bebas dilintasi angkutan berat. Akibatnya, jalan kabupaten tersebut rusak parah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia