Jawa Pos

Persiapan Sambut Tamu dari Liverpool

Risma Bersih-Bersih Gelora 10 November

-

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i memimpin langsung aksi bersih-bersih di Gelora 10 November kemarin (10/3). Puluhan anggota satgas pematusan dan kebersihan dari dinas terkait diturunkan dalam kegiatan itu.

Sejak pagi Risma berkelilin­g ke beberapa tempat. Saat melintas di Gelora 10 November, dia melihat beberapa hal yang harus dibenahi. Karena itu, dia memutuskan turun dan membersihk­an area sekitar stadion.

Risma tidak ingin stadion bersejarah itu terlihat kumuh. Apalagi, pada pekan depan, tepatnya 19–21 Maret, delegasi Liverpool bertandang ke Surabaya. Kota di Inggris tersebut memiliki hubungan sister city dengan Kota Pahlawan.

Dalam kunjungan itu, wali kota Liverpool akan mengajak salah satu klub sepak bola. Nah, Gelora 10 November menjadi jujukan klub tersebut. ’’Nanti digelar pertanding­an persahabat­an untuk U-11 dan U-14,” ujar Kepala Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser.

Perhatian Risma tidak hanya tertuju pada stadion. Jalur pedestrian sepanjang Jalan Tambaksari juga diperiksa. Dia ingin para pejalan kaki nyaman dengan jalur pedestrian yang bersih dan rapi. Selain itu, aspal yang tidak rata dan berlubang langsung ditambal. Stadion pun tampak lebih rapi dan bersih ketimbang sebelumnya. PKL yang biasa berdagang di sana juga tidak ada. ’’Enak kalau gini, jadi bersih dan rapi, buat joging pun nyaman,” ujar Nurul Mufidah, salah seorang warga, saat berolahrag­a.

Satgas Pematusan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya membongkar saluran. Dari saluran itu, terkumpul satu pikap sampah plastik. Botol dan kemasan makanan paling banyak ditemukan.

Fikser menambahka­n, selain stadion, beberapa destinasi lain akan menjadi jujukan para tamu dari Liverpool. Apalagi, salah satu hobi wali kota Liverpool adalah fotografi. Nanti mereka berkunjung ke sudut-sudut Kota Surabaya yang memiliki spot bagus. ’’Agenda itu juga akan mengajak beberapa komunitas fotografi dari Surabaya untuk bergabung,” katanya.

Hubungan erat Liverpool-Surabaya terjalin sejak 2017. Kedua kota memiliki kesamaan dalam hal seni, seni, budaya, dan olahraga.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? KONTROL KEBERSIHAN: Tri Rismaharin­i membersihk­an jalan di depan Gelora 10 November kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS KONTROL KEBERSIHAN: Tri Rismaharin­i membersihk­an jalan di depan Gelora 10 November kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia