Jawa Pos

Cat Perahu Motif Batik

-

SURABAYA – Ratusan perahu di Pantai Bulak terlihat berwarna-warni dan tampil menarik kemarin (10/3). Para nelayan sedang beradu kreativita­s dalam lomba menghias perahu.

Tercatat ada 125 peserta. Nelayan menghias perahu dengan motif batik khas cumpat, menggambar dengan karakter superhero dan berbagai karakter lain. Kegiatan bertajuk Ekspedisi Nusantara itu merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibi­lity) perusahaan cat.

”Ditotal sampai Bulak sudah ada 940 perahu yang kami cat. Sebelumnya di daerah lain seperti Semarang dan Cirebon kami lakukan hal yang sama,” ujar General Manager Operations PT SEIV Paint Cam Kim Him.

Asmuni, salah seorang nelayan, menyatakan, pengecatan perahu secara rutin akan meningkatk­an usia perahu. ”Selain itu, kalau ditawarkan ke wisatawan kan kelihatan lebih bagus,” tuturnya.

Camat Bulak Suprayitno mengatakan, semakin banyaknya event di Pantai Bulak menandakan bahwa pantai tersebut menjadi destinasi andalan di Surabaya. ”Sebelumnya ada lomba perahu layar dan sekarang lomba menghias perahu,” ucapnya.

Suprayitno pun berpesan agar masyarakat nelayan bahu-membahu menjaga lingkungan. Jangan sampai keeksotisa­n Pantai Bulak itu pudar hanya gara-gara ketidakped­ulian masyarakat. ”Yang menikmati hasilnya nanti juga kita sendiri,” tutur pria yang juga merangkap lurah Kedung Cowek tersebut.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? SEMARAK: Suasana perlombaan perahu hias di Pantai Bulak.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS SEMARAK: Suasana perlombaan perahu hias di Pantai Bulak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia