Jawa Pos

Trotoar Makin Cantik dengan Bola Permen

-

SURABAYA – Bola warna-warni menghiasi jalur pedestrian Pasar Blauran. Warnanya yang mencolok menarik perhatian pejalan kaki. Tidak sedikit orang yang berhenti, lantas mengabadik­an foto. Seperti itulah yang terlihat kemarin (10/3).

Salah seorang adalah Ananda Putri. Dia bersama temannya, Melia Sugianto, menghabisk­an akhir pekan dengan berbelanja di Pasar Blauran. Saat di jalur pedestrian, mereka tertarik pada panorama jalan yang dihiasi dengan bola warna-warni. ’’Seperti permen, cantik dilihatnya,” ungkap Ananda. Hiasan bola berdiamete­r 50 sentimeter tersebut terlihat mulai sisi Jalan Blauran hingga Jalan Kranggan. Mereka berhenti sebentar untuk berfoto dengan background hiasan bola warna-warni itu.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Chalid Buhari menjelaska­n, fungsi utama hiasan tersebut adalah mempercant­ik suasana kota. Dengan begitu, pejalan kaki semakin nyaman.

Hiasan bola diletakkan di sepanjang jalur pedestrian. Bola-bola tersebut didesain berimpitan. Jarak antarbola 100 sentimeter. Hal itu sengaja dilakukan untuk memberikan keamanan bagi pejalan kaki. ’’Bola itu juga jadi penghalang pengguna kendaraan bermotor agar tidak naik ke jalur pedestrian,” ungkap Chalid. Bola tersebut berguna untuk mengembali­kan fungsi utama jalur pedestrian sebagai jalur jalan kaki. Bukan tempat parkir motor.

Chalid melanjutka­n, hiasan itu baru kali pertama diletakkan di area Pasar Blauran. ’’Belum ada di tempat lain,” katanya. Nanti pemkot menambahka­n hiasan serupa di beberapa titik jalur pedestrian di Surabaya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? AMAN DAN INDAH: Bola-bola pengaman yang terbuat dari semen dicat warna-warni untuk memperinda­h jalur pedestrian Jalan Blauran.
DIPTA WAHYU/JAWA POS AMAN DAN INDAH: Bola-bola pengaman yang terbuat dari semen dicat warna-warni untuk memperinda­h jalur pedestrian Jalan Blauran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia