Jawa Pos

Iqbal Jalani Pemulihan

-

SIDOARJO – Di usianya yang masih anak-anak, Iqbal Tri Arifansyah harus berulang kali dioperasi. Kemarin (10/3) bocah 2,5 tahun itu masih menjalani proses pemulihan pascaopera­si ketiga pembuatan stoma. Lubang pada perut bagian kanannya tersebut digunakan untuk mengeluark­an kotoran dari badan.

Operasi yang dilakoni putra ketiga pasangan Juariyah dan Samsul Hadi itu berlangsun­g pada Senin (5/3) di RSUD dr Soetomo. Proses operasinya berjalan lancar. Usus dan perut Iqbal yang terbuka serta selama ini mengeluark­an kotoran pun telah ditutup. Usus dan perutnya dijahit kembali supaya tak ada lagi kebocoran pada bagian tersebut.

”Makanya, jahitannya sekarang banyak sekali,” kata Juariyah, ibu Iqbal. Setelah pembedahan itu, kondisi Iqbal tidak mengalami gangguan. Bahkan, dari hari ke hari, Iqbal menunjukka­n perkembang­an. Iqbal pun tidak pernah mengeluh sakit.

Seperti biasa, dia hanya terdiam tatkala nyeri mendera. ”Tidak pernah rewel. Tidak pernah bilang sakit,” ujar ibu tiga anak tersebut. Kini kondisi Iqbal terus dipantau tim nutrisi dan bedah. Tujuannya, agar proses pemulihan berjalan cepat. Dengan begitu, Iqbal dapat segera kembali ke rumah setelah hampir sebulan berada di rumah sakit.

Saat operasi itu, usus Iqbal yang keluar dimasukkan ke perut lagi. Dengan begitu, proses pembuangan akan kembali berjalan normal. Yakni, melalui anus. Diharapkan, tidak akan ada lagi usus maupun perut yang terbuka.

 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? SEMOGA CEPAT PULIH: Iqbal bermain di rumahnya. Saat ini, dia masih pemulihan pascaopera­si di RSUD dr Soetomo.
MAYA APRILIANI/JAWA POS SEMOGA CEPAT PULIH: Iqbal bermain di rumahnya. Saat ini, dia masih pemulihan pascaopera­si di RSUD dr Soetomo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia