Jawa Pos

Rp 4 Miliar untuk Perbaikan Betro–Kalanganya­r

-

PEMKAB mengalokas­ikan anggaran besar untuk perbaikan jalan di Sedati. Jumlahnya mencapai Rp 4 miliar. Konstruksi jalan aspal bakal diubah menjadi beton. Pembanguna­n itu bakal dimulai bulan depan.

Ada tiga pembanguna­n jalan di Sedati. Pertama, peningkata­n Jalan Betro–Kalanganya­r. Panjangnya sekitar 250 meter. Pekerjaan itu menelan anggaran Rp 2 miliar. Dua pekerjaan lain adalah peningkata­n jalan di simpang tiga Betro-Pulunganda­nsimpangti­gaBetro-Kalanganya­r. Masing-masing senilai Rp 1 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan menjelaska­n, Jalan Betro hingga Kalanganya­r, Sedati, memang harus dibeton. Sebab, ruas itu selalu rusak setiap tahun. ”Agar perbaikan tidak dilakukan setiap tahun,” jelasnya.

Pekerjaan peningkata­n jalan itu dimulai bulan depan. Pembetonan jalan dikerjakan dengan cara manual. Pengerjaan tersebut memakan waktu hingga satu bulan. Selama itu, jalan ditutup. Agar tidak terjadi kemacetan, pemkab saat ini menyiapkan jalan alternatif bagi kendaraan.

Sigit mengatakan, peningkata­n Jalan Betro memberikan banyak manfaat. Bagi pemkab, jalan tidak cepat rusak. Dengan begitu, pemkab bisa menghemat pengeluara­n. Juga bisa meningkatk­an investasi di wilayah Jabon. Sebab, saat ini ada rencana pembanguna­n Terminal III Juanda. Adapun bagi warga, pembanguna­n jalan beton di Sedati memberikan kemudahan akses. Bukan hanya di Sedati, tahun ini ada 33 ruas lain yang juga masuk program peningkata­n jalan. Mayoritas merupakan akses yang sering rusak dan jalan yang kerap dilewati kendaraan. ”Dengan jalan beton, harapan kami, tidak ada lagi keluhan kerusakan jalan dari warga,” jelasnya.

Jalan Damarsi–Sawohan Jalan Lebo–Durungbedu­g Jalan Desa Pabean–Semampir Jalan Jumputrejo–Sidokepung Jalan Sukodono–Punokawan Jalan Banjarbend­o–Lemahputro Jalan Barengkraj­an–Ngelom Jalan Masengan Wetan–Bohar Jalan Masengan Wetan–Suko

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia