Jawa Pos

Rawat sejak Kecil Bangun Ikatan Batin

Banyaknya anjing ras impor yang lucu membuat pencinta anjing terus bertambah. Salah satu ras yang menggoda dan gampang bikin jatuh hati adalah mini pom.

-

MINI pom memang super menggemask­an. Sekali melihat, Anda pasti langsung jatuh hati pada anjing kecil yang menggemask­an ini. Bulunya benar-benar lembut dan tebal, membuat siapa saja ingin membelainy­a. Kakinya yang kecil dan gemuk terlihat begitu lucu saat berjalan. Ditambah lagi bentuk ekornya yang tebal dan menjuntai indah setiap kali anjing itu bergerak.

Samantha Bowlin adalah salah seorang penggemar anjing yang menjatuhka­n pilihannya untuk memelihara jenis mini pom. Buat dia, anjing yang termasuk dalam ras Pomeriania­n itu memang punya daya tarik tersendiri. Selain bentuk fisiknya yang imut, perilaku anjing itu bisa membuat siapa pun merasa memiliki sahabat.

Begitu pula yang dirasakan Samantha ketika memelihara anjing mini pom hitam putih yang diberinya nama Herme. ’’Waktu lihat Herme kok gemes banget ya. Warnanya unik,” ujar Samantha saat diwawancar­a kemarin (10/3). Kala itu, Samantha lebih sering melihat mini pom dengan warna cokelat, sehingga warna Herme terbilang jarang buatnya.

Samantha lantas memutuskan untuk merawat Herme sejak usianya masih dua bulan. Menurut Samantha, memelihara hewan peliharaan sejak kecil dapat membangkit­kan ikatan batin antara si anjing dan pemiliknya. Sang pemilik juga bisa mempelajar­i kebiasaan-kebiasaan hewan kesayangan mereka agar dapat membuat si anjing nyaman.

Misalnya bagi Herme yang ternyata sangat suka diajak jalanjalan dan bersosiali­sasi dengan anjing lain. ’’Setiap pukul 07.00, dia pasti sudah jenggong-jenggong ngajakin jalan,” tutur Samantha.

Herme terlihat happy dan aktif jika bertemu anjing lain yang bisa diajak berteman. Melatih mini pom agar buang air besar dan kecil secara terjadwal juga tak sulit. ’’Pagi pasti setelah jalanjalan itu dia pup (buang kotoran, Red),” kata Samantha.

Perempuan 26 tahun itu juga harus memperhati­kan suhu ruangan yang diinginkan Herme. Begitu juga salon yang cocok untuk memandikan­nya. Sebab, dengan bulu tebal, mini pom mudah terserang kutu, atau jamur. ’’Jadi, AC rumah yang di ruangan dia itu aku sesuaikan sama kenyamanan dia. Kalau salon aku kapok, mending cari

cattery yang bisa datang,” ujar Samantha memberikan tip. Menurut dia, dengan memanggil

cattery, pemilik bisa langsung mengawasi proses anjing dimandikan dan dirawat. Selain itu, ada rasa tenang ketika melihat semua peralatan dan air, misalnya, terjaga kebersihan­nya alias terjamin higienis.

Sifatnya mini pom setia dan cerdas membuat banyak pencinta anjing memilih jenis tersebut. Misalnya, Herme bakal menunggu Samantha pulang dengan bermainmai­n di area kamarnya. Bahkan, dia baru akan ikut tidur saat Samantha sudah berganti pakaian tidur dan selesai membersihk­an diri. Herme tak jarang ikut berfoto dengan Samantha yang notabene juga model dan fashion

designer. Berfoto di Instagram untuk keperluan endorsemen­t pun kerap dilakukan bersama Herme. (via/c17/dos)

 ?? SAMANTHA BOWLIN FOR JAWA POS ?? SAHABAT BERKAKI EMPAT: Samantha Bowlin menjalani sesi pemotretan bersama Herme, mini pom yang menjadi sahabatnya.
SAMANTHA BOWLIN FOR JAWA POS SAHABAT BERKAKI EMPAT: Samantha Bowlin menjalani sesi pemotretan bersama Herme, mini pom yang menjadi sahabatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia