Jawa Pos

Pelayanan Prima untuk Pasien BPJS

Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak

-

UNTUK mewujudkan Bhakti Jatim Cerdas dan Sehat, pembanguna­n sektor kesehatan akan menjawab tantangan terkait beberapa hal.

Terkait jaminan kesehatan, direncanak­an pembentuka­n kantor gabungan (joint office) Pemprov Jatim-BPJS Kesehatan. Fungsinya adalah crisis center 24 jam untuk menindakla­njuti kesulitan pasien BPJS.

Prinsipnya, pasien BPJS tidak boleh mendapat pelayanan berbeda dengan pasien non-BPJS. Pemprov pada posisi dapat menjamin kelanjutan pelayanan (guarantor) apabila ada kendala pengobatan yang urgen. Menyikapi kendala arus kas akibat selisih waktu pencairan klaim rumah sakit ke BPJS, diprogramk­an sistem dengan memanfaatk­an perbankan untuk kesinambun­gan kas operasiona­l berbasis piutang BPJS.

Untuk pelayanan kesehatan primer, dilakukan penguatan tenaga medis di daerah yang relatif kurang dari segi aksesibili­tas. Itu termasuk tunjangan tambahan untuk dokter umum yang mengabdi di kecamatan yang relatif jauh dari akses. Pemprov juga mendorong penugasan dokter spesialis untuk kabupaten dan kota agar tercapai keandalan pelayanan. Hal tersebut termasuk penguatan program beasiswa dokter spesialis.

Puskesmas dengan cakupan strategis yang bisa ditingkatk­an menjadi RS pratama, termasuk dengan konsep dokter spesialis tamu (visiting specialist), juga di-support melalui sinergi pemprov dan pemkab. Program penugasan perawat ponkesdes di desadesa yang belum memiliki puskesmas pembantu (pustu) diperluas secara signifikan. Untuk melayani daerah kepulauan, unit pelayanan terapung (poliklinik terapung) menjadi solusi.

Khusus untuk RSUD dr Soetomo, diprogramk­an peningkata­n menuju RS berstandar internasio­nal. Program tersebut diperkirak­an membutuhka­n investasi Rp 2 triliun hingga 2024. Itu akan menjadi embrio sentra pengobatan (medical center) yang diharapkan bisa bersaing dengan Penang, Malaysia; dan Singapura.

Lahan 50 hektare di kaki Jembatan Suramadu juga diprogramk­an menjadi lokasi masa depan untuk kawasan pelayanan medis terintegra­si (integrated medical complex). Estimasi investasin­ya sekitar Rp 10 triliun. Dengan program tersebut, keterbatas­an kapasitas tampung saat ini dapat teratasi.

Kearifan lokal terkait pengobatan tradisiona­l juga mendapat perhatian sembari menjaga kepatuhan terhadap standar prosedur tindakan medis.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS ?? AKRAB: Khofifah Indar Parawansa bercanda dengan anak-anak di Ponpes Millinium, Tenggulung­an, Sidoarjo, kemarin. Dia menegaskan bahwa hak dasar atas kepemilika­n akta lahir anak yatim piatu harus terpenuhi.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS AKRAB: Khofifah Indar Parawansa bercanda dengan anak-anak di Ponpes Millinium, Tenggulung­an, Sidoarjo, kemarin. Dia menegaskan bahwa hak dasar atas kepemilika­n akta lahir anak yatim piatu harus terpenuhi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia