Jawa Pos

Rancang Layanan tanpa Tolak

Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno

-

SECARA umum, layanan kesehatan di Jatim masih menyisakan persoalan dalam hal pemerataan, rumah sakit rujukan tipe A yang terbatas, kapasitas puskesmas rawat inap yang masih rendah, komposisi dokter spesialis yang menumpuk di perkotaan, dan akses terhadap imunisasi lengkap yang masih tergolong rendah.

Kami menawarkan program Laras Hati (layanan merata, berkualita­s, sehat, dan inovatif ). Di dalam program Laras Hati, terdapat beberapa komponen kegiatan prioritas. Yakni, menghadirk­an rumah sakit dan seluruh fasilitas layanan kesehatan tanpa tolak. Untuk mewujudkan­nya, diperlukan pemenuhan sarana-prasarana kesehatan, mulai tingkat pertama sampai rujukan lengkap dan sesuai dengan ruang lingkup jangkauan.

Optimalisa­si posyandu sebagai ujung tombak layanan kesehatan ibu dan anak. Peningkata­n insentif terhadap kader kesehatan untuk memastikan segenap imunisasi dan deteksi dini penyakit infeksi anak bisa dilakukan dalam jangkauan lebih luas. Posyandu yang terintegra­si dengan layanan kesehatan akan dipantau secara langsung oleh ahli gizi di setiap puskesmas. Dengan begitu, ada jaminan bagi terselengg­aranya deteksi dini untuk kasus-kasus gizi buruk, infeksi menular anak, dan penurunan angka kematian ibu melahirkan. Kader posyandu akan dibekali dengan pelatihan konseling laktasi ibu menyusui, pemahaman nutrisi anak, dan fungsifung­si promotif lainnya.

Selama ini, jaringan yang menghubung­kan data dan informasi antara fasyankes dan kader-kader kesehatan kurang berjalan optimal. Hal tersebut mengakibat­kan validitas data kurang terjaga dan berdampak pada upaya penanganan kasus-kasus yang bersifat epidemik atau kasus personal pasien. Karena itu, poin ke-3 akan menjadi jawabannya. Yakni, perbaikan sistem pengawasan dan rujukan melalui inovasi layanan digital. Sistem itu juga akan dimanfaatk­an untuk memaksimal­kan usaha preventif dan promotif. Terutama untuk meningkatk­an kesadaran hidup sehat dan pentingnya pemindaian kondisi kesehatan secara rutin.

Program Laras Hati mempunyai beberapa target. Di antaranya, peningkata­n jumlah puskesmas rawat inap dengan kewenangan khusus. Lalu, peningkata­n rasio dokter spesialis dan tenaga kesehatan lain secara proporsion­al dan ideal, penurunan berbagai penyakit yang disebabkan kesehatan lingkungan, kesalahan pola makan, dan gaya hidup.

 ?? TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS ?? CINTA BATIK: Cawagub Puti Guntur Soekarno mengunjung­i sentra perajin batik di Tempeh Kidul, Lumajang, kemarin. Di sana, cawagub pendamping cagub Saifullah Yusuf itu mempromosi­kan program pendidikan gratis untuk SMA dan SMK se-Jawa Timur.
TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS CINTA BATIK: Cawagub Puti Guntur Soekarno mengunjung­i sentra perajin batik di Tempeh Kidul, Lumajang, kemarin. Di sana, cawagub pendamping cagub Saifullah Yusuf itu mempromosi­kan program pendidikan gratis untuk SMA dan SMK se-Jawa Timur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia