Jawa Pos

Mobil Terkena Ranjau, PM Palestina Selamat

-

JABALIYA – Perdana Menteri (PM) Palestina Rami Hamdallah meninggalk­an kediamanny­a di Tepi Barat dalam iring-iringan 20 kendaraan kemarin (13/3). Tujuannya, fasilitas pengolahan limbah air di Jalur Gaza. Di tengah perjalanan, tepatnya setelah melewati perlintasa­n Erez yang dijaga pasukan Israel, konvoi itu disambut ledakan.

Ranjau darat yang disembunyi­kan di bawah tiang listrik meledak saat rombongan Hamdallah melintas. Dua mobil yang rata-rata jendelanya dilengkapi kaca antipeluru rusak parah. Empat lainnya rusak ringan. Tetapi, politikus 59 tahun yang menjadi sasaran ledakan tersebut luput dari maut. Setelah berpindah mobil, kepala pemerintah­an Palestina itu melanjutka­n perjalanan ke Jalur Gaza bersama rombongan cadangan.

’’Insiden ini tidak akan menghentik­an langkah kami untuk mewujudkan Palestina yang satu. Kami tidak gentar,’’ ucap Hamdallah dalam pidato peresmian fasilitas pengolahan limbah air itu sebagaiman­a dilansir Associated Press kemarin. Setelah memberikan sambutan, dia langsung meninggalk­an Gaza dengan pengawalan ketat.

Dari lokasi ledakan menuju fasilitas modern yang pembanguna­nnya didanai Uni Eropa (UE) dan Bank Dunia tersebut, konvoi Hamdallah dikawal sejumlah pria bersenjata. Mereka berdiri di pintu mobil sambil menyandang senapan otomatis. Pengawalan yang sama ketat mengiringi perjalanan pulang sang PM ke kediamanny­a di Tepi Barat.

’’Serangan terhadap pejabat pemerintah dan aparatur negara adalah serangan terhadap persatuan rakyat Palestina,’’ kata Nabil Abu Rdainah, jubir Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas, seperti dikutip Reuters.

Dalam pernyataan tertulis, kelompok Hamas ikut mengecam insiden tersebut. Mereka berjanji memburu pelakunya.

Kendati aparat masih menginvest­igasi kejadian itu, beberapa pihak memang langsung menuding Hamas sebagai dalang. Abbas pun sempat menuduh rival politik Fatah itu sebagai biang keladi. Namun, Majed Farraj, kepala keamanan Palestina yang ikut dalam konvoi yang diserang tersebut, mengatakan bahwa tuduhan itu terlalu dini. ’’Serangan seperti ini hanya dilakukan oleh para pengecut,’’ ucapnya.

Selain kerugian materi, ledakan yang menimbulka­n lubang besar di jalan aspal tersebut mengakibat­kan dua pengawal PM terluka ringan.

 ?? MOHAMMED SALEM/REUTERS ?? TAK GENTAR: Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah tiba di acara peresmian fasilitas pengolahan limbah air di Jalur Gaza.
MOHAMMED SALEM/REUTERS TAK GENTAR: Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah tiba di acara peresmian fasilitas pengolahan limbah air di Jalur Gaza.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia