Jawa Pos

Jalan Provinsi Terancam Putus

-

JEMBER – Jalan provinsi yang menghubung­kan Jember dengan Banyuwangi di Dusun Curahdamar, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, ambrol. Kerusakan plengsenga­n dan putusnya cempolong berukuran 1 meter itu mengancam jalan raya. Sebab, jalur tersebut rute utama angkutan umum dua kabupaten itu.

Keterangan yang dihimpun Jawa Pos Radar Jember kemarin (13/3) menyebutka­n, setelah fondasi ambrol, beberapa saat kemudian dua cempolong yang menopang tanah di atasnya ikut putus. Praktis, karena tanah turun, aspal mulai ambles atau retak-retak. ”Ambrolnya plengsenga­n tersebut baru diketahui Minggu lalu (11/3) pukul 17.00,” kata Kanitlanta­s Polsek Silo Aiptu Hariyanto.

Saat fondasi ambrol, imbuh Hariyanto, hujan turun cukup deras dan lama. Memang, jelas dia, sebelum bibir jalan ikut ambrol, bagian aspalnya sudah mulai retak. ”Tetapi, ketika plengsenga­n dan cempolong itu putus, yang ambrol melebar ke atas,” ujarnya.

Setelah menerima laporan dari warga dan petugas PU bina marga provinsi, lanjut Hariyanto, polisi langsung berkoordin­asi. Untuk keamanan, sementara waktu titik di kawasan tersebut dipasangi drum. Selanjutny­a, drum diberi police line sehingga terlihat jika jalan hanya digunakan satu sisi.

Sementara itu, kendaraan yang melintas, baik dari arah Jember maupun sebaliknya, diatur dengan sistem buka tutup. ”Karena separo jalan di sisi utara bagian aspalnya sudah terlihat retak-retak. Bahkan, yang ada di atas cempolong yang putus juga sudah ambles,” ungkap dia.

MENGKHAWAT­IRKAN: Karena sisi lain mulai longsor, arus lalu lintas di Dusun Curahdamar, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, dialihkan ke satu jalur.

 ?? JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER ??
JUMAI/JAWA POS RADAR JEMBER

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia