Jawa Pos

Bersiap Hadapi Teror Enam Jam

-

PENGGUNA jasa Bandara Internasio­nal Juanda Surabaya bakal mendapat ”ketegangan” besok (15/3). Pengelola bandara dijadwalka­n menghelat tiga seri latihan penanggula­ngan keadaan darurat (PKD) mulai pukul 16.00 hingga 22.00.

Keadaan darurat yang disimulasi­kan adalah kebakaran gedung di perkantora­n PT Angkasa Pura (AP) I Juanda, latihan keamanan atas potensi terorisme, dan kecelakaan pesawat di timur landasan pacu. Kegiatan berlangsun­g di tiga lokasi secara maraton. Hanya security exercise yang lokasinya tidak terduga alias pendadakan.

”Kami mengimbau agar tidak panik,” pesan General Manager AP I Juanda Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo di Media Center Angkasa Pura Airports Juanda kemarin (13/3).

Heru memohon maaf jika pengguna jasa bandara, khususnya yang berada di gedung terminal, dan masyarakat di lingkungan bandara sampai merasa tidak nyaman atas kemungkina­n yang ditimbulka­n PKD. Pelatihan simulasi semata-mata bertujuan untuk mengasah kemampuan ratusan personel gabungan antarinsta­nsi yang tergabung dalam emergency operation committee (EOC).

Mantan komandan Komando Latih Pusat Penerbanga­n TNI-AL itu memastikan bahwa bandara internasio­nal yang berlokasi di Sedati, Sidoarjo, tersebut tetap beroperasi normal sampai penerbanga­n terakhir. Jajarannya sudah berkoordin­asi dengan Airnav (Perusahaan Umum Lembaga Penyelengg­ara Pelayanan Navigasi Penerbanga­n) Surabaya menerbitka­n pemberitah­uan ke seluruh stakeholde­r udara melalui notam (notice to airmen). Notam dalam PKD perdana pada malam hari (antara pukul 21.00–23.00) diupayakan tidak menutup operasi bandara.

”Mungkin pesawat yang hendak mendarat holding sebentar di udara saat mobil PKP-PK (pertolonga­n kecelakaan penerbanga­n dan pemadam kebakaran) melintas di landasan,” ucap alumnus AAL 1995 itu.

 ?? FIZA/JAWA POS ?? KEMARIN siang (13/3) ruang redaksi Jawa Pos dikunjungi BEM Fakultas Ekonomi Universita­s Panca Marga Probolingg­o. Para siswa berkunjung untuk menambah ilmu jurnalisti­k dan bertanya mengenai cara wartawan bekerja serta bagaimana berita dibuat hingga...
FIZA/JAWA POS KEMARIN siang (13/3) ruang redaksi Jawa Pos dikunjungi BEM Fakultas Ekonomi Universita­s Panca Marga Probolingg­o. Para siswa berkunjung untuk menambah ilmu jurnalisti­k dan bertanya mengenai cara wartawan bekerja serta bagaimana berita dibuat hingga...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia