Jawa Pos

Macan Siap Menerkam

-

JAKARTA – Persija Jakarta berpeluang melesat ke puncak klasemen grup H Piala AFC 2018. Caranya, klub berjuluk Macan Kemayoran itu harus mengalahka­n wakil Vietnam Song Lam Nghe An (SLNA) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, malam ini.

SLNA saat ini berada di puncak klasemen dengan 7 poin dari tiga pertanding­an. Sementara itu, Persija bercokol di posisi ketiga dengan 4 poin. Posisi kedua dihuni Johor Darul Takzim (Malaysia) yang unggul selisih gol atas Persija. Sementara itu, Tampines Rovers (Singapura) berada di juru kunci dengan 1 poin.

Mumpung main di kandang, Persija wajib mengamanka­n poin penuh. Kebetulan, SLNA datang dengan kekuatan pincang. Dua penyerang asing mereka, Osmar Moreira dan Michael Olana, tidak dibawa ke Jakarta. Kapten Que Ngoc Hai serta dua gelandang andalan, Phan Van Duc dan Ho Khac Ngoc, juga tidak ada dalam rombongan.

Pelatih SLNA Nguyen Duc Thang sengaja menyimpan beberapa bintang untuk kepentinga­n liga. Sebab, SLNA melawan Sanna Khanh Hoa pada Minggu (18/3). ’’Saya yakin skuad yang ada bisa memberikan perlawanan kepada Persija,’’ ujarnya.

Nguyen membantah sengaja melepas pertanding­an melawan Persija. SLNA tetap serius menjalani Piala AFC. Hal itu dibuktikan

dengan keberha- 14 6 5 28 silan mereka memimpin klasemen hingga laga ketiga. ’’Setiap pertanding­an di sini (AFC Cup) itu penting. Kami menang dua kali dan seri sekali. Jadi, kami akan tetap berusaha agar lolos ke babak selanjutny­a,’’ katanya.

’’Kami senang bisa datang ke sini (Jakarta). Sambutanny­a cukup hangat dan sudah tidak sabar bertanding besok (hari ini, Red),’’ terang Nguyen.

Sementara itu, Persija kehilangan winger Novri Setiawan yang tidak fit. Kemungkina­n, bek tengah Gunawan Dwi Cahyo juga absen karena kondisi yang sama. Namun, pelatih

Persija Stefano 29 32 STEFANO CUGURRA 7 11 9 25 Cugurra alias Teco mengaku sudah menyiapkan racikan khusus untuk menaklukka­n SLNA. Aspek taktik, fisik, dan teknik sudah diberikan dengan sempurna kepada Ismed Sofyan dkk. ’’Yang penting tiga poin. Kami siap kerja keras besok (hari ini, Red),’’ tegasnya.

Mengenai lawan yang datang tanpa kekuatan utama, Teco tidak peduli. Menurut dia, SLNA tidak bisa disepeleka­n. Apa pun kondisinya. ’’Saya hanya konsentras­i ke tim. Saya tidak tahu kenapa mereka tidak membawa kekuatan utama ke sini,’’ ujar pelatih asal Brasil itu.

Sukses menahan SLNA 0-0 pada pertemuan pertama (6/3) melambungk­an optimisme Teco. Dia sudah mengantong­i kelemahan lawan. ’’Sudah saya cermati. Saya sudah mengerti di mana ada celah-celah tim lawan,’’ katanya.

Teco senang karena mental anak asuhnya bagus. Apalagi, keuntungan akan berada di kubu Persija karena bertanding di kandang sendiri. Ribuan The Jakmania dipastikan hadir di SUGBK. ’’Kami punya suporter yang akan menjatuhka­n mental lawan,’’ tegasnya. NGUYEN DUC THANG

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS FOTO: CHANDRA SATWIKA/JAWA POS-GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS ?? INI JAKARTA!: Penyerang Persija asal Kroasia Marko Simic (bawah) siap tempur. Atas, para pemain Song Lam Nghe An saat menjajal lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS FOTO: CHANDRA SATWIKA/JAWA POS-GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS INI JAKARTA!: Penyerang Persija asal Kroasia Marko Simic (bawah) siap tempur. Atas, para pemain Song Lam Nghe An saat menjajal lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) kemarin.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia