Jawa Pos

Pecahkan Rekor Penonton

-

PYEONGCHAN­G – Ajang Winter Paralympic 2018 Pyeongchan­g masih menyisakan lima hari. Namun, kemarin kejuaraan edisi ke-12 itu membuat catatan penting. Yakni, memecahkan rekor penjualan tiket.

Hingga kemarin, total 320.531 tiket terjual. Itu melebihi rekor yang tercetak di Sochi 2014 dengan 316.200 tiket terjual. Jumlah tersebut juga membuat Winter Paralympic 2018 sukses menjual tiket dua kali lipat dari pergelaran di Torino pada 2006 (162.674 tiket). Sekaligus melampaui penjualan pada edisi 2010 di Vancouver (230.000 tiket).

’’Ini adalah berita yang menggembir­akan dari Pyeongchan­g. Hanya dalam tiga hari penyelengg­araan. Respons atlet dan masyarakat Korea sungguh luar biasa,’’ ucap Presiden Komite Paralympic Internasio­nal Andrew Parson sebagaiman­a dilansir Koreaheral­d.

Lee Hee-beom, presiden Pyeongchan­g Organising Committee, menyebutka­n bahwa masyarakat Korea antusias menyaksika­n ajang itu. Sebab, mayoritas warga baru pertama melihat laga paralimpik secara langsung.

Lee juga mengungkap­kan bahwa penonton dari beberapa negara tetangga juga membeludak. ’’Itu semua membuat atmosfer setiap pertanding­an terasa luar biasa,’’ ucapnya.

Sementara itu, hingga kemarin, kontingen Amerika Serikat (AS) masih menguasai perolehan medali dengan mengumpulk­an 6 emas, 6 perak, dan 5 perunggu. Kontingen Neutral Paralympic Athlete (Rusia) menyodok ke posisi kedua dengan raihan 5 emas, 5 perak, dan 3 perunggu. Mereka unggul tipis dari Ukraina yang menduduki posisi ketiga dengan raihan 5 emas, 4 perak, dan 3 perunggu.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia