Jawa Pos

Tim Undur-Undur Halau Motor di Trotoar

-

SURABAYA – Tim undur-undur dari Satpol PP Kota Surabaya menertibka­n pengendara sepeda motor yang melintas di jalur pedestrian Jalan Urip Sumoharjo kemarin (13/3). Tim juga berupaya mengedukas­i warga yang menyalahgu­nakan fungsi jalur pejalan kaki tersebut.

Astrid Fauziyah, salah seorang anggota tim undur-undur, mengatakan bahwa penertiban itu sudah sering dilakukan. Biasanya pelanggar ditemukan saat jam berangkat dan pulang kerja. Sebab, pada jam-jam tersebut, lalu lintas di Jalan Urip Sumoharjo sangat macet.

Melihat ada pelanggar, anggota tim yang menaiki segway langsung mendatangi. Mereka meminta pengendara sepeda motor untuk kembali ke jalan. Saat menemukan pelanggar, anggota tim juga menjelaska­n bahwa jalur pedestrian merupakan fasilitas pejalan kaki.

Untuk menghalau pengendara sepeda motor, sebelumnya pemkot memasang patok di jalur pedestrian. Dengan cara itu, pengendara tidak bisa seenaknya menyusuri trotoar. Namun, pemasangan patok tersebut juga diprotes para penyandang disabilita­s. Mereka yang berkursi roda jadi susah melintas.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan, tim undur-undur tersebut dibentuk dua tahun lalu. ”Trotoar jangan sampai disalahgun­akan. Saatnya berperilak­u tertib,” katanya.

Trotoar jangan sampai disalahgun­akan. Saatnya berperilak­u tertib.”

IRVAN WIDYANTO Kepala Satpol PP Kota Surabaya

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SALAH JALAN PAK..: Petugas satpol PP mengingatk­an pengendara sepeda motor untuk tidak melintas di trotoar Jalan Urip Sumoharjo.
DITE SURENDRA/JAWA POS SALAH JALAN PAK..: Petugas satpol PP mengingatk­an pengendara sepeda motor untuk tidak melintas di trotoar Jalan Urip Sumoharjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia