Jawa Pos

Tiga Pejabat Baru Armatim

-

SURABAYA – Regenerasi pejabat di lingkup Armada RI Kawasan Timur (Armatim), Surabaya, kembali terjadi. Kemarin pagi (13/3) Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Didik Setiyono memimpin upacara serah terima jabatan untuk tiga pejabat.

Pukul 08.00 sebanyak 500 anggota TNI dan PNS di lingkup Armatim mengular di sisi utara Dermaga Madura, Ujung Surabaya. Di belakang mereka, ada empat KRI dengan awak yang juga meng- ikuti acara tersebut. Yakni, KRI Makassar-590, KRI Diponegoro-365, KRI John Lie-358, KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Didik pun maju ke podium dengan diiringi ’’teriakan’’ trompet dan drum. Setelah itu, dia melakukan ritual simbolis pergantian pejabat. Yang pertama adalah Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto yang memberikan bendera Lantamal V kepada sang panglima. Tongkat komando, pin, hingga pangkat bahu pun dicopot dan diganti yang baru oleh Didik.

Semua atribut itu diserahkan kepada Kolonel Laut Edwin yang sebelumnya menjabat komandan resimen AAL. Sementara itu, Edi Sucipto berangkat ke Jakarta sebagai asisten potensi maritim kepala staf AL.

Selain komandan Lantamal V, Didik mengganti dua jabatan lain. Yakni, Lantamal XI Merauke dari Brigjen TNI Bambang Sutrisno beralih kepada Brigjen TNI I Ketut Suarya. Lalu, komandan satuan kapal cepat (satkat) dari Kolonel Laut Rudhi Aviantara Irvandhani diserahkan kepada Kolonel Laut Isswanto.

’’Serah terima jabatan itu hal alami. Senior pasti mendapatka­n jabatan yang lebih tinggi. Nah, posisi itu harus diganti yang lebih muda,’’ ujar Didik setelah upacara. Dia berharap pejabat yang baru bisa melanjutka­n kinerja bagus yang sudah dibangun. Menurut dia, wejangan pendahulu harus didengar dengan seksama. Sebab, setiap satuan pasti punya karakteris­tik.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? REGENERASI: Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Didik Setiyono memimpin serah terima jabatan di Dermaga Madura Koarmatim kemarin (13/3).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS REGENERASI: Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksamana Muda TNI Didik Setiyono memimpin serah terima jabatan di Dermaga Madura Koarmatim kemarin (13/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia