Jawa Pos

Lahirkan Bayi Kembar Tiga secara Normal

-

SIDOARJO – Hati Yanuar Iwan Sukarno dan Hartini diliputi kebahagiaa­n. Kemarin (13/3) mereka dikaruniai tiga buah hati sekaligus. Tiga bayi kembar berjenis kelamin laki-laki tersebut lahir secara normal di RSUD Sidoarjo.

Bayi pertama lahir pada pukul 04.30 dengan berat 2.100 gram. Panjang badannya 45 sentimeter. Selang 25 menit kemudian, bayi kedua lahir. Bobot tubuhnya sama, tetapi lebih panjang, yakni 46 sentimeter. Bayi terakhir lahir pada pukul 05.00. Berat badannya mencapai 2.200 gram dengan panjang 47 sentimeter.

Hingga tadi sore, Hartini masih berada di ruang pemulihan. Dia belum dapat ditemui. Kondisinya terus dipantau. Setidaknya, dalam kurun waktu 1 x 24 jam, kondisinya terus diperhatik­an.

Sementara itu, ketiga anaknya sudah berada di ruang bayi. Mereka ditempatka­n dalam satu inkubator ukuran besar. Bayi-bayi tersebut diberi gelang penanda biru. Ada yang diletakkan di tangan bagian kanan. Ada juga yang terpasang di lengan kiri bayi.

Tidak hanya itu, bagian kening bayi juga diberi tanda nomor urut sesuai kelahiran mereka dengan menggunaka­n angka 1, 2, dan 3. Dengan begitu, para perawat ingat dan tidak tertukar saat merawat mereka.

Menurut Yanuar, kehamilan istrinya tidak direncanak­an. Bahkan, mereka tidak mengira bakal memiliki anak lagi mengingat usia Hartini memasuki 40 tahun. Apalagi, dua anak perempuan mereka sudah besar. Putri pertama telah berusia 16 tahun. Anak kedua berusia 9 tahun. ”Kami memang tidak pakai alat kontraseps­i. KB-nya alami saja selama ini,” ucap pria 41 tahun itu.

Pasangan yang tinggal di kawasan Sidokerto, Buduran, itu awalnya tidak menyangka bakal mendapat karunia buah hati lagi. Tapi, ternyata, saat Hartini telat datang bulan dan diperiksa, dia dinyatakan berbadan dua. Saat itu, usia kandungann­ya sudah dua bulan.

Tak lama dari pemeriksaa­n awal tersebut, Hartini pergi ke dokter spesialis kandungan. Gara-garanya, saat menjemput anaknya dari sekolah, dia terjatuh. Dia mengerem mendadak karena menghindar­i kucing yang lewat. Saat terjatuh itulah, ada bagian perutnya yang membentur sepeda motor hingga menimbulka­n memar. Oleh bidan, dia disarankan pergi ke dokter untuk diperiksa dengan USG. ”Saat di USG itulah, diketahui janinnya tiga,” kata Yanuar.

Seakan tak percaya dengan anugerah tersebut, tiap kali USG, Yanuar dan istri menanyakan soal jumlah bayi. Mereka selalu mendapat jawaban yang sama. Janin yang dikandung Hartini berjumlah tiga. Sejak saat itulah, mereka mempersiap­kan segalanya. Bahkan, mereka bertekad untuk merawat ketiga buah hati sendiri. Tidak akan diserahkan kepada orang lain. ”Kami yakin mampu (merawatnya),” tegas bapak lima anak itu.

Dokter Muhammad Rizal SpA yang menangani tiga bayi tersebut mengatakan, saat ini kondisi para bayi stabil. ”Meski demikian, kondisinya tetap dipantau.” Sebab, berat badannya kurang dari 2.500 gram. Tapi, secara keseluruha­n, saat ini kondisi para bayi tidak memiliki masalah yang berarti.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? LAKI-LAKI SEMUA: Tiga bayi kembar anak pasangan Yanuar Iwan Sukarno-Hartini dirawat di inkubator RSUD Sidoarjo.
BOY SLAMET/JAWA POS LAKI-LAKI SEMUA: Tiga bayi kembar anak pasangan Yanuar Iwan Sukarno-Hartini dirawat di inkubator RSUD Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia