Jawa Pos

BERHARAP TUAH CAMP NOU

BARCELONA vs CHELSEA

-

BARCELONA – Camp Nou adalah stadion yang angker bagi tim tamu. Sejak kekalahan 1-3 dari Real Madrid di leg pertama Supercopa de Espana pada 13 Agustus 2017, Barca tidak terkalahka­n dalam

20 laga di Camp Nou. Perinciann­ya, 18 kali menang dan 2 kali seri. Plus 14 kali mencatatka­n clean sheet.

Barca berharap stadion terbesar di Eropa (berkapasit­as 99.354 kursi) itu kembali melanjutka­n tuah saat menghadapi Chelsea pada leg kedua 16 besar Liga Champions dini hari nanti (siaran langsung SCTV/ beIN Sports 1 pukul 02.45 WIB). Dengan skor 1-1 di Stamford Bridge (21/2), Barca belum aman.

’’Dibandingk­an di London (Stamford Bridge, Red), kami bakal lebih kuat di kandang,’’ kata striker Barca Luis Suarez sebagaiman­a dilansir Marca. ’’Kami akan mendapatka­n ruang yang lebih banyak (untuk mencetak gol),’’ lanjut pemain yang belum mencetak gol dalam sembilan laga terakhir di Liga Champions tersebut.

Tim tamu terakhir yang berlaga di Camp Nou pada 16 besar Liga Champions pun pulang dengan menyedihka­n. Musim lalu Paris Saint-Germain (PSG) dipermaluk­an 1-6 meski datang dengan kemenangan 4-0. Semusim sebelumnya, tetangga London Chelsea, Arsenal, juga menyerah 1-3. Tugas Chelsea memang berat. Meski menorehkan kemenangan lebih banyak daripada Barca dalam 13 pertemuan (empat berbanding tiga) di berbagai ajang, tidak satu pun victory diraih di Camp Nou. Hanya, duel terakhir kedua tim enam musim lalu, tepatnya di semifinal, menjadi milik Chelsea. Setelah menang 1-0 di Stamford Bridge (18/4/2012), Chelsea menahan seri Barca dengan skor 2-2 di Camp Nou (24/4/2012). The Blues yang ditangani pelatih interim Roberto Di Matteo saat itu kemudian bablas menjadi juara.

Spirit itulah yang disuarakan gelandang Chelsea Cesc Fabregas. Apalagi, pemain 30 tahun tersebut mengenal betul Camp Nou. Sebab, dia adalah alumnus La Masia dan tiga musim berkostum Barca (2011–2014). Menurut Fabregas, kunci untuk meredam Barca masih sama: menghentik­an Lionel Messi.

Di pertemuan pertama, Messi-lah yang mencetak gol penyeimban­g Barca sekaligus mengakhiri kutukan gagal membobol gawang Chelsea setelah sembilan laga. ’’Kebetulan, saya dalam posisi yang tepat (untuk menghentik­an Messi). Saya akan membuatnya merasa tidak nyaman sehingga dia tidak akan bermain seperti biasanya,’’ ucap Fabregas yang bersahabat baik dengan Messi di luar lapangan dalam wawancara dengan Marca.

 ?? FOTO-FOTO: ALBERT GEA/REUTERS - PETER/EPA-EFE ?? Pedro Lionel Messi
FOTO-FOTO: ALBERT GEA/REUTERS - PETER/EPA-EFE Pedro Lionel Messi
 ?? ALBERTO ESTEVEZ/EPA-EFE ?? KEJAR GOL: Luis Suarez masih memburu gol pertamanya di Liga Champions musim ini. Foto bawah, Eden Hazard diproyeksi­kan kembali bermain sebagai false 9 di Camp Nou dini hari nanti WIB (15/3).
ALBERTO ESTEVEZ/EPA-EFE KEJAR GOL: Luis Suarez masih memburu gol pertamanya di Liga Champions musim ini. Foto bawah, Eden Hazard diproyeksi­kan kembali bermain sebagai false 9 di Camp Nou dini hari nanti WIB (15/3).
 ?? PETER POWELL/EPA-EFE ??
PETER POWELL/EPA-EFE
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia