Jawa Pos

Bakal Persembahk­an Melodi Abad Ke-17

-

SURABAYA – Konser musik yang ditunggu-tunggu penikmat musik klasik Surabaya dihelat malam ini di Balai Adika Hotel Majapahit. Pertunjuka­n bertajuk World Premiere Tour: Batavian Baroque Music Concert tersebut akan menampilka­n lagulagu hasil eksplorasi musik barok abad ke-17. Kolaborasi ansambel Le Baroque Nomade asal Prancis dengan String Orchestra of Surabaya (SOOS) Chamber Players menjadi penampil dalam konser itu.

Dalam konferensi pers yang digelar di Bromo Room Hotel Majapahit kemarin (13/3), dua grup musisi itu menjelaska­n konsep konser mereka.

Founder Le Baroque Nomade JeanChrist­ophe mengungkap­kan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara instrumen musik klasik biasa dengan aliran barok. ’’Instrumen yang akan ditampilka­n memiliki melodi dan partitur yang unik. Selain itu, keberadaan instrumen viola da

gamba, baroque violin, dan spinet menjadi ciri khasnya,’’ papar Jean dalam bahasa Prancis.

Dosen musikologi sekaligus violis Universita­s Melbourne David Irving menambahka­n bahwa beberapa lagu dalam konser nanti disuguhkan dalam versi Psaumes de David. Yakni, berbahasa Melayu, Portugis, dan Prancis.

Direktur Institut Prancis Surabaya Benoît Bavouset menyatakan, antusiasme warga Surabaya luar biasa meriah. Tercatat, sudah ada 400 reservasi yang bakal menonton konser malam ini. ’’Spesialnya, konser ini adalah nuansa historis serta heritage yang akan dirasakan setiap penonton,’’ paparnya.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? KLASIK: Kolaborasi Le Baroque Nomade asal Prancis dengan String Orchestra of Surabaya Chamber Players akan tampil malam ini.
GHOFUUR EKA/JAWA POS KLASIK: Kolaborasi Le Baroque Nomade asal Prancis dengan String Orchestra of Surabaya Chamber Players akan tampil malam ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia