Jawa Pos

Kembar Identik Beda Ukuran

-

SHEFFIELD – Bayi kembar identik semestinya sama persis. Hal itu tidak terjadi pada Finlay dan Harrison Craven. Sekilas, keduanya memang tampak mirip. Namun, dua bayi kembar itu memiliki berat badan yang sangat berbeda. Harrison lahir dengan berat 1.900 gram, sedangkan Finlay hanya 1.300 gram. Penyebabny­a, Finlay tidak menerima cukup nutrisi selama dalam kandungan ibunya, Craven.

Craven yang berusia sekitar 40 tahun hamil setelah menjalani fertilisas­i in vitro (bayi tabung). Setelah sel telurnya dibuahi sperma donor, embrio dikembalik­an ke dalam rahimnya. Dokter lantas menyatakan bahwa Craven hamil sepasang anak kembar. ’’Aku tidak pernah menduga akan hamil anak kembar karena hanya ada satu embrio yang dikembalik­an (ke dalam rahim, Red). Kelihatan ada dua jantung berdetak di layar monitor. Ini mengejutka­n,’’ kata Craven sebagaiman­a dilansir Daily Mail.

Pada usia kehamilan 13 pekan, dokter menemukan bahwa si kembar berbeda ukuran. Lalu, di usia kehamilan 28 pekan, dokter menyadari salah satu bayi itu tidak menerima asupan nutrisi dari ibunya.

Atas pertimbang­an keselamata­n ibu dan anak, dokter akhirnya menyaranka­n si kembar segera dilahirkan. ’’Memang mengkhawat­irkan si kembar harus dilahirkan hampir dua bulan lebih cepat, tapi dokter tidak mau ambil risiko kehilangan Finlay,’’ jelasnya.

Finlay dan Harrison lahir dengan selamat melalui operasi Caesar di sebuah rumah sakit di Sheffield, Inggris. ’’Aku tahu, mereka akan berukuran kecil karena lahir lebih cepat, tapi kami tidak tahu seperti apa kecilnya Finlay,’’ kata Craven. Setelah dilahirkan, Harrison terlihat berukuran lebih besar hampir dua kali lipat daripada Finlay.

Finlay tumbuh dengan baik dan kuat. Enam bulan berlalu dan kini ukuran tubuh Finlay hampir menyamai Harrison. Saat ini Finlay memiliki berat 5.200 gram, sedangkan Harrison 7.400 gram.

Bagi Craven, mereka berdua memiliki begitu banyak energi. Hanya karena berukuran separo dari saudaranya, tidak berarti Finlay punya separo energi. ’’Dia mungkin lahir lebih kecil, tapi dia sudah lebih baik sekarang,’’ ujarnya.

 ?? WORLDWIDE FEATURES ?? SEPERTI KAKAK-ADIK: Harrison Craven (kiri) lebih besar daripada Finlay, meskipun mereka kembar identik.
WORLDWIDE FEATURES SEPERTI KAKAK-ADIK: Harrison Craven (kiri) lebih besar daripada Finlay, meskipun mereka kembar identik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia