Jawa Pos

Bangun Taman Perdamaian 200 Hektare di Trowulan

-

SURABAYA – Pendirian Taman Perdamaian Dunia Soerjo Modjopahit (TPDSM) terus bergulir. Yang terbaru, Bambang Sulistomo, putra pahlawan nasional Bung Tomo, bersinergi dengan Kodam V/Brawijaya kemarin (19/3).

TPDSM direncanak­an dibangun di Desa Pakis, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, di teritorial Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya di Mojokerto. Gayung bersambut, Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman menyatakan, tetenger itu bisa meningkatk­an spirit prajurit.

Kejayaan Kerajaan Majapahit yang didirikan, salah satunya, oleh tokoh Brawijaya pada abad XII–XIV sampai kini menjadi inspirasi keberhasil­an prajurit dalam melaksanak­an tugas. ’’Nama itu menjadi kebanggaan sekaligus bisa menjadi ikon du- nia,’’ tegas Arif di sela-sela audiensi dengan petinggi Yayasan Soerjo Modjopahit Bambang Sulistomo bersama Laksamana Muda (pur) Untung Suropati di ruang kerja Makodam Brawijaya kemarin.

Sejak Soerjo Modjopahit diluncurka­n Oktober 2015, berbagai persiapan dilakukan untuk membuat TPDSM menjadi masterpiec­e seperti Candi Borobudur. Sebelum audiensi dengan Pangdam, mereka mengantong­i izin dari Kemenkum HAM dan mendapat dukungan dari Pemprov Jatim serta sejumlah tokoh nasional.

Akses menuju lokasi yang diproyeksi­kan berdiri di kawasan seluas 200 hektare itu semakin mudah setelah beroperasi­nya tol Surabaya–Mojokerto (Sumo). ’’Setelah adanya tol, dari bandara hanya butuh 45 menit,’’ terang Bambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia