Jawa Pos

Dua Spieltag Lagi untuk Die Roten

-

LEIPZIG – Der Klassiker sepertinya bukan lagi partai utama di Bundesliga dalam dua musim terakhir. Itu terjadi lantaran Borussia Dortmund mulai kehilangan potensi sebagai tim yang bisa menaklukka­n Bayern Muenchen. Predikat yang sejak musim lalu diambil alih RB Leipzig.

Setelah keok terus dalam empat pertemuan terakhir, termasuk lewat adu penalti

4-5 di putaran kedua DFB Pokal musim ini, Leipzig pecah telur kemarin dini hari WIB (19/3). Di Red Bull Arena dalam spieltag ke-27 Bundesliga, Die Bullen menaklukka­n Bayern 2-1.

Sandro Wagner sempat membawa Die Roten unggul pada menit ke-12. Namun, Leipzig yang menjadi runner-up Bundesliga musim lalu membalikka­n keadaan via gol-gol Naby Keita pada menit ke-37 dan Timo Werner (56’).

Bagi Leipzig, kemenangan tersebut memang tidak mendongkra­k posisi mereka. Tim asuhan Ralph Hasenhuett­l itu masih terpaku di peringkat keenam dengan selisih 23 poin dari Bayern (43-66). Tetapi, spirit tinggi pemain Die Bullen untuk memenangka­n laga layak diapresias­i.

’’Kami memperlaku­kan pertanding­an ini bukan hanya semata memperebut­kan tiga poin karena mengalahka­n Bayern lebih dari itu,’’ ucap Diego Demme, gelandang bertahan Leipzig yang dipercaya sebagai kapten tim, kepada Bild.

Demme pun menyebut perubahan skema main Leipzig dari 4-2-2-2 menjadi 3-4-3 sebagai kunci kemenangan timnya. Hesenhuett­l berani berjudi dengan tampil menyerang dan menerapkan strategi pressing superketat hampir sepanjang pertanding­an. ’’Pertanyaan besar jelang laga ini adalah apakah kami akan membuat kondisi tim semakin tertekan atau meraih sesuatu yang penting dari lawan yang belum pernah kami kalahkan sebelumnya? Kami memilih yang kedua,” ujar Hasenhuett­l kepada NTV.

Der trainer Bayern Jupp Heynckes mengakui performa Leipzig yang luar biasa. Itu ditambah performa Thomas Mueller yang tidak dalam kondisi terbaik. ”Leipzig layak menang,” tandasnya kepada Goal.

Atas kekalahan dari Leipzig, Bayern dipastikan gagal mengunci titel keenam beruntun Bundesliga dalam Der Klassiker akhir bulan nanti (31/3). Die Roten saat ini memimpin 17 poin dari peringkat kedua Schalke 04. Praktis, Bayern setidaknya butuh dua spieltag lagi atau baru bisa memastikan juara dalam

spieltag ke-29 (Bundesliga hingga

spieltag ke-34). Yakni, menghadapi tuan rumah Augsburg pada 7 April mendatang. Itu pun dengan catatan Bayern bisa meraih hasil absolut dalam Der Klassiker.

 ?? MATTHIAS RIETSCHEL/REUTERS ?? AKHIRNYA TUMBANG: Joshua Kimmich (kanan) gagal membendung Timo Werner yang melepaskan tembakan ke gawang Bayern Muenchen kemarin.
MATTHIAS RIETSCHEL/REUTERS AKHIRNYA TUMBANG: Joshua Kimmich (kanan) gagal membendung Timo Werner yang melepaskan tembakan ke gawang Bayern Muenchen kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia