Jawa Pos

Bergantung Biaya Sewa Stadion

-

Markas: Stadion Segiri, Samarinda, dan Stadion Palaran, Samarinda Markas: Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, dan Stadion Gelora Bangkalan Markas: Stadion Marora, Serui, dan Stadion Gelora Delta, Sidoarjo

Harga Tiket: Ekonomi: Rp 30–Rp 60 ribu VIP:

Rp 60–Rp 85 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 35 ribu (musim lalu) VIP: Rp 100 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 20 ribu, mitman Rp 15 ribu VIP: Rp 50 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 40 ribu

(saat Piala Presiden 2018) VIP: Rp 250 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 25 ribu VIP: Rp 50 ribu VVIP: Rp 70 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 15–25 ribu VIP: Rp 50–75 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 45 ribu (musim lalu)

VIP: Rp 75 ribu VVIP: Rp 100 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 20 ribu tribun utara dan selatan

Rp 50 ribu tribun barat

VIP: Rp 60 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 30 ribu tribun terbuka

VIP: Rp 150 ribu (diusulkan naik Rp 200 ribu),

Rp 100 untuk VIP selatan dan barat

Markas: Stadion Aji Imbut, Tenggarong, dan Stadion Batakan, Balikpapan

Markas: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Gelora Delta, Sidoarjo

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 25 ribu tribun utara dan selatan,

Rp 35 ribu tribun timur tertutup, dan Rp 50 ribu tribun tertutup barat

VIP: Rp 100 ribu

Harga Tiket:

Ekonomi:

Rp 25 ribu tribun barat dan selatan,

Rp 35 ribu tribun timur, dan

Rp 60 ribu tribun barat atas

VIP: Rp 80 ribu VVIP: Rp 125 ribu

Kenaikan harga tiket pertanding­an sering kali berimbas pada gejolak di level suporter. Namun, tidak semuanya begitu. Ada yang adem ayem. Sebenarnya, berapa harga tiket yang ideal untuk klub Liga 1 musim ini?

HARGA tiket untuk pertanding­an di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, ataupun di Stadion Gajayana, Malang, musim ini telah dirilis Arema FC. Mereka melakukan pembagian harga. Ketika laga biasa harga termurah Rp 35 ribu, sedangkan tatkala big match naik menjadi Rp 40 ribu.

Semua keputusan itu diambil panpel Arema setelah mendengar aspirasi dari Aremania selaku suporter. ’’Untuk big match, ada delapan pertanding­an, di antaranya melawan Persebaya, Persija, Persib, Sriwijaya FC, Madura United, serta pertanding­an pembuka dan penutup,’’ ujar Ketua Panpel Arema Abdul Haris.

Arema merasa perlu berbicara dengan Aremania karena merekalah yang mendukung tim di lapangan. Mereka juga yang membeli tiket pertanding­an. Musim lalu total hanya 150.175 tiket yang terjual, menurun ketimbang pada 2016 yang mencapai 240.475 lembar tiket.

Tidak ada gejolak besar di kalangan Aremania terkait dengan harga tiket. Situasi yang tak beda jauh juga terjadi di Jakarta. Persija Jakarta terbilang mematok harga tinggi untuk satu pertanding­an. Ketika bermain di AFC Cup 2018, harga tiket termurah Rp 65 ribu dan termahal Rp 200 ribu.

Itu tidak lepas dari biaya sewa yang tinggi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dalam beberapa laga terakhir di AFC Cup, Persija mengeluark­an lebih dari Rp 540 juta untuk operasiona­l. Belum termasuk jaminan senilai Rp 1,5 miliar. ’’Jadi, kami realistis. Kami terpaksa menaikkan harga tiket,’’ kata Ketua Panpel Persija Arief Sukma.

Ya, harga tiket Persija memang naik jika dibandingk­an dengan musim lalu ketika masih berhome base di Stadion Patriot, Bekasi. Persija mematok harga termurah Rp 50 ribu. ’’Harga tiket itu kami sesuaikan dengan sewa stadion. Jadi, bisa naik bisa turun tergantung bermain di mana,’’ ucap pria asal Surabaya tersebut.

Ternyata, respons The Jak alias suporter Persija juga anteng-anteng saja. Mereka tidak masalah dengan harga yang dipatok. Umumnya, mereka bisa memahami rasionalis­asi yang diberikan manajemen. ’’Yang penting bisa main di Jakarta. Toh, kami naikkan harga bukan karena keuntungan, murni untuk sewa,’’ tegasnya.

Dia menjanjika­n tidak ada perbedaan harga antara Liga 1 dan AFC Cup jika Persija main di SUGBK. Itu berbeda lagi kalau memang Persija kembali jadi musafir dan bermain di luar Jakarta. ’’Harganya masih kami kaji lagi. Tapi, kami berharap tetap bisa main di sekitaran Jakarta,’’ ungkapnya.

Belum semua klub memastikan harga tiketnya musim ini. Madura United, Persebaya Surabaya, dan Persela Lamongan masih melakukan pengkajian. Pihak Madura United menyatakan, ada kemungkina­n harga tiket musim ini naik ketimbang musim lalu yang harga tiket termurahny­a Rp 35 ribu.

Meski memakai dua stadion, yakni Stadion Gelora Bangkalan dan Stadion Gelora Ratu Pamelingan (Pamekasan), tidak ada perbedaan harga. Rencananya, harga tiket big match berbeda dengan laga biasa. ’’Kepastiann­ya belum. LOC akan rapat khusus dengan klub dalam dua hari ini,’’ ujar Ketua LOC Madura United M. Alwi.

Lalu, Persebaya sempat membuat polemik dengan harga tiket pada Blessing Game melawan Sarawak FA (18/3) sebesar Rp 50 ribu untuk kategori fans atau yang termurah. Pada Sabtu (24/3), mereka akan mengawali laga perdana Liga 1 melawan Perseru Serui, tapi belum ada kepastian harga tiket untuk Liga 1.

Markas: Stadion Surajaya, Lamongan, dan Stadion Wilis, Madiun

Markas: Stadion Sultan Agung, Bantul, dan Stadion Maguwoharj­o, Sleman

Markas: Stadion Moch Soebroto, Magelang, dan Stadion Maguwoharj­o, Sleman

Stadion Teladan, Medan, dan Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang

Markas: Gelora Sriwijaya Jakabaring, dan Stadion Bumi Sriwijaya, Palembang

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PEMBELI TIKET: Suasana di tribun Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, ketika Persebaya bertanding dengan Sarawak FA (18/3). Saat itu harga tiket termurah Rp 50 ribu.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PEMBELI TIKET: Suasana di tribun Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, ketika Persebaya bertanding dengan Sarawak FA (18/3). Saat itu harga tiket termurah Rp 50 ribu.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? LOYAL: Para pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Bambang Pamungkas dengan latar belakang The Jak di Stadion Manahan, Solo (4/2).
ANGGER BONDAN/JAWA POS LOYAL: Para pemain Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak Bambang Pamungkas dengan latar belakang The Jak di Stadion Manahan, Solo (4/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia