Jawa Pos

Kalau Ada Masalah, Diselesaik­an di Atas Ring

Ruben Manakane-Felmy Sumaehe, Pasangan Suami Istri Juara WBA Asia Championsh­ip

-

Apa jadinya bila pasangan suami istri sama-sama menjadi petinju? Apakah mereka adu pukul saat bertengkar? Berikut kisah Ruben Manakane-Felmy Sumaehe, pasutri petinju yang baru saja meraih gelar WBA Asia Championsh­ip di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam (17/3).

NURIS ANDI P., Jakarta

MATA Felmy Sumaehe nyaris tak berkedip menyaksika­n Ruben Manakane, suaminya, bertarung di atas ring melawan petinju Filipina Carlo Demecillo. Dia berdiri tepat di samping ring. Sesekali dia berteriak memberikan semangat kepada pasangan hidupnya itu.

Pada laga sebelumnya, situasi berbalik. Felmy yang berada di atas ring. Ruben yang harus dag-dig-dug di samping ring. Petinju perempuan 23 tahun itu melawan petinju Thailand Rochnarong­noi Sithsaitho­ng.

Sabtu malam (17/3), di Balai Sarbini, Jakarta, menjadi milik pasangan suami istri petinju tersebut. Ruben berhasil mempertaha­nkan gelar kelas WBA Asia Super Bantamweig­ht Championsh­ip dengan kemenangan split decision 344-341. Felmy juga merebut gelar WBA Female Bantamweig­ht Championsh­ip yang lowong setelah menang angka mutlak 288-276 dalam 10 ronde. Perempuan asal Manado itu menjadi perempuan Indonesia pertama yang mendapat gelar WBA Asia Female Bantamweig­ht Championsh­ip.

Felmy dan Ruben menikah pada 2016 lalu. Saat ini mereka menjalani long distance relationsh­ip (LDR). Felmy bersama putri mereka yang baru berusia 2 tahun, Jennifer Manakane, tinggal di Manado. Sedangkan Ruben harus tinggal di Jakarta karena berlatih bersama Sasana Nelson Nainggolan. ’’Demi karir. Toh setiap hari kami video call,’’ ucap Felmy.

Menurut Felmy, Ruben yang memperkena­lkannya pada tinju profesiona­l. Sebelumnya, dia menjadi petinju amatir. Peluang untuk go internatio­nal lebih besar saat terjun ke tinju profesiona­l. Dan tentu saja bayarannya lebih besar.

Sebagai pasutri, mereka tentu pernah berselisih paham. Ribut kecil tentu beberapa kali terjadi. Kalau ada masalah, Felmy dan Ruben memilih menyelesai­kannya di atas ring. ’’Kalau sudah marah-marahan, saya yang sering ajak Ruben sparing,” terang Felmy.

Ruben lebih sering memilih mengalah. Tetapi, namanya sparing, Felmy tetap serius. ’’Jadi, kalau misalnya kena pukul suami, ya kadang dongkol, tapi tetap harus dilawan kalau di atas ring,” ujarnya.

 ??  ?? SATU PROFESI: Petinju Ruben Manakane (kanan) saat bertanding melawan petinju Filipina Carlo Demecillo di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (17/3). Foto kanan, Felmy Sumaehe menyaksika­n suaminya bertanding.
SATU PROFESI: Petinju Ruben Manakane (kanan) saat bertanding melawan petinju Filipina Carlo Demecillo di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu (17/3). Foto kanan, Felmy Sumaehe menyaksika­n suaminya bertanding.
 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ??
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia