Jawa Pos

Pangkas Ranting untuk Cegah Pohon Tumbang

-

SURABAYA – Dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) mengantisi­pasi musibah yang terjadi pada musim hujan. Salah satunya dengan memangkas ranting pohon. Langkah tersebut dilakukan serentak di berbagai wilayah di Kota Pahlawan.

Kepala DKRTH Chalid Buhari mengungkap­kan, pemangkasa­n dilaksanak­an di jalan-jalan utama tiap wilayah. Terlebih yang terdapat pohon-pohon rindang dan tinggi. Menurut dia, hal itu dimaksudka­n untuk meminimalk­an risiko pohon tumbang, terutama saat musim hujan seperti saat ini.

Chalid menambahka­n, upaya tersebut juga bisa mengurangi jumlah pedagang yang mangkal di trotoar. ’’Kalau dipangkas, kan nanti pohon tidak bisa dibuat mangkal lagi karena panas,” ujarnya kemarin (19/3).

Yang masuk prioritas untuk dipangkas adalah pohon tua dan pohon dengan banyak ranting. Jika tidak segera dipangkas, rantingran­ting tersebut dikhawatir­kan mudah patah dan menimpa pengendara sepeda motor atau mobil yang melintas di jalan.

Sampai saat ini, memang belum pernah terjadi musibah akibat pohon tumbang. Namun, upaya DKRTH tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan sekaligus membuat kota lebih bersih. ’’Biar nanti tidak semrawut karena rindangnya pohon,” ujarnya.

DKRTH membagi petugasnya dalam puluhan tim. Masingmasi­ng tim beranggota sepuluh orang. Mereka juga dilengkapi mobil skywalker yang mampu menjangkau dahan-dahan yang menjulang.

 ?? HANUNG HAMBARA/ JAWA POS ?? TERTIBKAN JALAN: Petugas pertamanan dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau memangkas pohon di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo kemarin (19/3).
HANUNG HAMBARA/ JAWA POS TERTIBKAN JALAN: Petugas pertamanan dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau memangkas pohon di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo kemarin (19/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia