Jawa Pos

Calon Sopir Tinggal Seleksi Mengemudi

-

SURABAYA – Realisasi pengoperas­ian Suroboyo Bus semakin dekat. Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya memastikan, bus yang pembayaran­nya bakal menggunaka­n sampah plastik itu mulai beroperasi pada April.

Salah satu persiapann­ya menyeleksi sopir. Kemarin (19/3) sebanyak 25 calon sopir bus tersebut menjalani psikotes. Dari hasil psikotes itu, dishub bakal merekrut 20 sopir.

Kabid Angkutan Dishub Tundjung Iswandaru mengatakan, setelah seleksi tersebut, para sopir akan menjalani tes mengemudi. Tes tersebut dilakukan oleh agen pemegang merek (APM). ”Minggu depan para sopir bakal jalani tes mengemudi,” jelasnya kepada Jawa Pos.

Tundjung menyatakan, 20 sopir yang terpilih akan dipekerjak­an untuk mengemudik­an delapan armada Suroboyo Bus. Mereka bekerja sesuai sif yang ditentukan. ”Pokoknya, jam kerja sopir sesuai standar. Delapan jam kerja,” terangnya.

Bus milik pemkot itu rencananya beroperasi pada pukul 05.00 hingga 22.00. Trayek bus bakal terbentang dari Terminal Purabaya hingga Jalan Rajawali. Trayeknya sama persis dengan angkutan Bus PAC 1.

Dengan penggabung­an rute itu, Tundjung mengatakan, di sepanjang trayek PAC 1, akan ada 30 kendaraan. Yakni, 22 bus milik DAMRI dan 8 bus dari pemkot. Suroboyo Bus akan berhenti di beberapa halte di sepanjang trayek.

Untuk masa tunggu Suroboyo Bus, dishub memastikan waktu tunggunya tidak lama. Yakni, sekitar 15 menit. Cukup singkatnya waktu tunggu itu disebabkan bus akan menjalani rute pergi-pulang sebanyak delapan kali selama sehari.

Terkait pembayaran, Suroboyo Bus bakal menerapkan sistem tukar sampah. Dengan patokan, satu kantong sampah plastik bisa digunakan untuk tiket sekali jalan. ”Model pembayaran ini bertujuan untuk mengedukas­i masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan,” jelasnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SIAP JALAN: Tampilan Suroboyo Bus yang dijadwalka­n beroperasi pada April mendatang.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SIAP JALAN: Tampilan Suroboyo Bus yang dijadwalka­n beroperasi pada April mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia