Jawa Pos

Siswa SMP Ikut Simulasi Tahap III

Jelang Pelaksanaa­n UNBK April Nanti

-

SURABAYA – Pelaksanaa­n ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bagi siswa SMP semakin dekat. Kemarin (19/3) digelar simulasi serentak untuk kali ketiga. Geladi bersih itu dikondisik­an seperti suasana aslinya.

Misalnya, di SMPN 28 Wiyung. Para siswa diminta datang satu jam sebelum pelaksanaa­n simulasi UNBK. Mereka dikumpulka­n di ruangan transit untuk mendapatka­n pengarahan dari pengawas. Kemudian, mereka diajak beribadah sesuai agama masing-masing dan mendapatka­n kartu peserta ujian.

Di sekolah tersebut, kegiatan simulasi itu dilaksanak­an dalam dua sesi. Yakni, pukul 7.30 dan 10.30. Jumlah siswa kelas IX di SMPN 28 mencapai 379 anak. Sebanyak 10 di antaranya merupakan siswa inklusi. ’’Yang inklusi hari ini pemantapan biasa, tidak ikut simulasi,’’ tutur Ketua Pelaksana UNBK SMPN 28 Dra Darjatinin­gsih MSi.

Pada ujian tahun ini, sekolah menyediaka­n 195 komputer inti dan cadangan yang terbagi dalam lima ruangan. Hanya siswa reguler yang mengerjaka­n soal secara online. Siswa inklusi mengerjaka­n soal ujian secara offline dengan laptop masing-masing.

Pelaksanaa­n simulasi UNBK dilakukan selama dua hari. Kemarin para siswa mengerjaka­n soal matematika. Hari ini (20/3) mereka mengerjaka­n soal bahasa Inggris. Sementara itu, UNBK yang sesungguhn­ya dilaksanak­an pada 23–26 April mendatang.

Yoan Cindho Maharani, siswa kelas IX A, mengaku deg-degan menanti ujian. Karena itu, dia berupaya menyiapkan­nya dengan baik. ’’Belajar di sekolah, les privat, dan belajar bersama teman juga setiap hari,’’ ucapnya.

Bagi Yoan, pelajaran yang paling diantisipa­sinya adalah IPA. Sebab, soal ujian tersebut terdiri atas pelajaran biologi dan fisika.

Suasana simulasi UNBK juga terlihat di SMP Islam Terpadu Shafta, Lontar. Di sekolah tersebut, ada 92 siswa yang mengikuti ujian akhir nasional. Pelaksanaa­nnya dibagi dalam tiga sesi. ’’Kami sediakan 32 komputer inti dan cadangan untuk pelaksanaa­n ujian nanti,’’ ujar Kepala SMP Shafta Drs Juma’ari MSi.

Selama simulasi UNBK hari pertama kemarin, keadaan terpantau lancar. Menurut Juma’ari, pihak sekolah sudah mempersiap­kan sarana dan prasarana agar jalannya ujian tidak terganggu.

 ??  ?? AGAR LANCAR: Darjatinin­gsih (berdiri) mengecek komputer siswa sebelum menjalani simulasi UNBK di SMPN 28 kemarin.
AGAR LANCAR: Darjatinin­gsih (berdiri) mengecek komputer siswa sebelum menjalani simulasi UNBK di SMPN 28 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia