Jawa Pos

Surabaya-Hungaria Perkuat Hubungan Bilateral

- Resmi Luncurkan Buku Go Hungary Go Indonesia

Keberhasil­an Surabaya dalam membangun kota berkarakte­r kini mulai menjadi perhatian dunia. Meski sudah dibanjiri penghargaa­n, Kota Surabaya tetap membumi dan terus ingin belajar dari pengalaman berbagai negara di dunia.

SEBELUMNYA, Surabaya memiliki hubungan baik dengan beberapa kota di dunia, seperti, Kochi (Jepang), Busan (Korea), Guangzhou (Tiongkok), dan Liverpool (Inggris). Kini, Surabaya kembali berupaya untuk menjalin hubungan sister city dengan Hungaria.

Setelah melakukan beberapa upaya, DPRD Kota Surabaya sebagai salah satu pihak yang menginisia­si, kini telah menemui titik terang. Kemarin (19/3), rombongan dari pemerintah Hungaria yang diwakili oleh Bank Central Hungary dan Budapest Business School datang berkunjung ke Kantor DPRD Kota Surabaya.

Tepat pukul 10.00 WIB, rombongan Pemerintah Kerajaan Hungaria didampingi oleh Universita­s Narotama tiba di kantor DPRD Kota Surabaya. Sebagai tuan rumah, Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji pun menyambut para delegasi dengan hangat. ”Selamat datang di Surabaya,” serunya.

September lalu, rombongan DPRD Kota Surabaya yang dipimpin oleh Armuji mengunjung­i Hungaria. Hal itu merupakan salah satu upaya DPRD Kota Surabaya untuk menjajaki kemungkina­n menjalin hubungan sister city dengan Hungaria yang dikenal dengan teknologin­ya itu.

Cak Ji, sapaan akrab Armuji, menjelaska­n bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan balasan yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Hungaria. Menurutnya, ini adalah salah satu hal positif bagi Kota Surabaya. ”Dengan adanya niat baik, semoga ke depan akan ada kerja sama yang baik pula bagi Surabaya dan Hungaria,” ujarnya.

Lebih lanjut Cak Ji menjelaska­n bahwa di era globalisas­i ini kerja sama internasio­nal memiliki peran yang sangat vital untuk meningkatk­an stabilitas mutu penyelengg­araan layanan bagi masyarakat dan berdampak langsung pada stabilitas perekonomi­an nasional. Menyadari hal tersebut, DPD Kota Surabaya terus berupaya melakukan ekspansi kerja sama internasio­nal serta untuk mengganden­g mitra-mitra strategis untuk membangun Surabaya.

”Untuk itu, kami sangat menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kolaborasi Surabaya-Hungaria ini,” ujar Cak Ji.

Politisi PDI-P itu juga menjelaska­n bahwa Surabaya memiliki kemiripan atau kesamaan dengan salah satu kota di Hungaria, seperti dalam bidang sosio ekonomi, letak geografi, dan sama-sama kota industri. Untuk itu, ide sister city antara surabaya dan salah satu kota di Hungaria merupakan ide luar biasa.

”Ide ini bisa dieksplor bersama agar mampu memaksimal­kan potensi keduanya kota, baik Surabaya atau pun kota di Hungaria. Semoga hubungan sister city bisa segera terealisas­i,” harapnya.

Director Oriental Business and Innovation Center Budapest Business School Tamas Novak menuturkan ini merupakan modal dalam membangun kerja sama dan network yang baik di kemudian hari. ”Kami berharap semoga hubungan baik ini bisa terus berkelanju­tan,” ungkapnya.

Saat ini, beberapa kerja sama telah terjalin. Salah satunya adalah pertukaran pelajar dan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Tahun lalu, sebanyak 150 mahasiswa Indonesia telah mendapat kesempatan untuk menimbah ilmu di Hungaria.

Tak sekadar melakukan kunjungan. Rombongan delegasi Hungaria dan DPRD Kota Surabaya juga mengadakan seminar dan launching buku Go Hungary Go Indonesia jilid 1 dan 2.

Buku itu merupakan dokumentas­i dari joint project riset penelitian yang dilakukan oleh Hungaria dan Indonesia tentang beberapa aspek kehidupan di kedua negara, seperti, bisnis, budaya, dan pendidikan. ”Jilid pertama fokus ke ekonomi dan bisnis. Kedua, tentang budaya dan sosial. Sedangkan jilid ketiga nantinya akan membahas tentang Kota Surabaya,” ujar Tamas.

Pada kesempatan itu, Cak Ji meraih sertifikat penghargaa­n dari Pemerintah Hungaria atas kontribusi­nya dalam penguatan hubungan bilateral Surabaya-Hungaria. Menurut pendapatny­a, saat berkunjung ke Hungaria pada September lalu, buku Go Hungary Go Indonesia menjadi salah satu hal yang membuatnya tertarik. Pasalnya, dalam penulisan buku itu, anak-anak bangsa turut dilibatkan.

”Buku ini bisa menjadi salah satu alat untuk mempererat hubungan. Untuk itu, di buku Go Hungaria Go Indonesia jilid 3 yang launching pada Mei nanti, saya akan menyumbang sebuah artikel tentang Surabaya, sebagai bentuk kontribusi masyarakat surabaya dalam kerja sama ilmiah,” pungkas Cak Ji.

BERI KONTRIBUSI: Ketua DPRD Surabaya Armuji (tiga dari kiri) dan Director Oriental Business and Innovation Center Budapest Business School Tamas Novak (tiga dari kanan) saat launching buku Go Hungary Go Indonesia.

 ??  ??
 ??  ?? PERAN VITAL: Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji menyambut hangat kedatangan rombongan pemerintah Hungaria pada Senin (19/3). Hal itu merupakan upaya untuk menjajaki kemungkina­n menjalin hubungan sister city dengan Hungaria.
PERAN VITAL: Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji menyambut hangat kedatangan rombongan pemerintah Hungaria pada Senin (19/3). Hal itu merupakan upaya untuk menjajaki kemungkina­n menjalin hubungan sister city dengan Hungaria.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia