Jawa Pos

Tim URC Laka Sigap Selamatkan Korban

-

GRESIK – Sudah tidak terhitung jumlah korban kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Duduksampe­yan. Baik selamat maupun tewas. Penanganan awal korban kecelakaan harus tepat.

Satlantas Polres Gresik membentuk tim Unit Reaksi Cepat (URC) Laka. Tujuannya, memberikan penanganan awal kepada korban kecelakaan. ”Inovasi ini baru pertama di Jawa Timur,” kata Dirlantas Polda Jatim Kombespol Heri Wahono saat meresmikan URC Laka di pos lantas Duduksampe­yan kemarin (19/3).

Acara peresmian dihadiri Kasatlanta­s jajaran di wilayah pantura. Di antaranya, Kasatlanta­s Polres Lamongan AKP Anggi Saputra Ibrahim, Kasatlanta­s Polres Bojonegoro AKP Aristianto, dan Kasatlanta­s Polres Tuban AKP Eko Iskandar. ”Kami akan kembangkan inovasi ini di polres wilayah lain,” kata Kombespol Heri.

Anggota tim URC Laka terdiri atas delapan orang. Tim dibagi menjadi dua grup piket. Pergantian tim dilakukan setiap 12 jam. Jadi, tetap ada polisi yang berjaga selama 24 jam. Pos lantas Duduksampe­yan dijadikan markas. Dengan begitu, kejadian di sekitar jalur rawan kecelakaan itu bisa cepat ditangani.

Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to menyatakan sudah bekerja sama dengan tim Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Duduksampe­yan. Penanganan korban kecelakaan bisa dilakukan cepat dan tepat.

Menurut Wikha, penanganan korban kecelakaan tidak boleh sembaranga­n. Kondisi korban bisa semakin parah jika mendapatka­n pertolonga­n yang salah. ”Karena itu, perlu tim medis,” jelasnya.

Tim URC Laka dilengkapi kendaraan khusus. Ada dua motor lengkap dengan peralatan pertolonga­n pertama pada korban kecelakaan (P3K). ”Anggota diberi pelatihan untuk melakukan pertolonga­n awal korban kecelakaan,” pungkas mantan Kasatlanta­s Polres Mojokerto itu.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? BARU: Kombespol Heri meresmikan tim URC Laka di pos lantas Duduksampe­yan kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS BARU: Kombespol Heri meresmikan tim URC Laka di pos lantas Duduksampe­yan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia