Jawa Pos

Lulusan IPS Bisa Masuk ITS

Peralihan Prodi Manajemen Bisnis ke Bidang Soshum

-

SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tidak lagi khusus menerima lulusan IPA. Tetapi juga IPS. Hal itu terjadi setelah adanya keputusan dari Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­kdikti) tentang peralihan Departemen Manajemen Bisnis ITS ke bidang sosial humaniora (soshum).

Sebelumnya, kampus tersebut hanya memiliki program studi (prodi) di bidang ilmu sains dan teknologi (sainstek). Departemen Manajemen Bisnis ITS dibuka sejak 2011. Peminatnya terbilang tinggi. Kini, beralihnya departemen tersebut ke bidang soshum semakin membuka kesempatan pelajar jurusan IPA dan IPS untuk memilih prodi itu.

Kepala Departemen Manajemen Bisnis ITS Imam Baihaqi menyatakan, peralihan tersebut berlaku sejak pendaftara­n seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2018. Para lulusan IPS bisa memilih prodi manajemen bisnis. Itu juga berlaku untuk pendaftara­n seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). ’’Lulusan IPS bisa memilih kelompok soshum dan IPA bisa memilih kategori campuran,’’ katanya.

Menurut Imam, peralihan departemen manajemen bisnis menjadi kelompok soshum bertujuan meningkatk­an kualitas dan kuantitas calon mahasiswa baru. Juga, memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang manajemen bisnis. Khususnya lulusan IPS.

Manajemen bisnis merupakan salah satu prodi favorit di ITS. Berdasar pendaftara­n SNM PTN 2018, angka keketatan prodi tersebut berada di urutan keempat. Pendaftarn­ya pun masih lebih banyak siswa lulusan IPA. ’’Meski sudah beralih soshum, pendaftar masih didominasi IPA,’’ paparnya.

Imam berharap pendaftar manajemen bisnis bisa meningkat secara kuantitas maupun kualitas. Dengan begitu, prodi tersebut menghasilk­an lulusan terbaik sebagai pengusaha atau pebisnis profesiona­l yang inovatif. ’’Harapannya, lulusan juga bisa menciptaka­n lapangan kerja dan mengurangi penganggur­an,’’ ucapnya.

Sementara itu, ITS kini juga mulai mempersiap­kan pendaftara­n SBM PTN. Tahun ini kampus di Sukolilo tersebut menambah fasilitas untuk ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). ITS tahun ini menyediaka­n 720 komputer yang siap digunakan. ’’Tahun lalu hanya 670 unit komputer,’’ kata Siti Machmudah, kepala Subdirekto­rat Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaa­n Kuliah Bersama ITS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia