Jawa Pos

Simulasi UNBK Molor 30 Menit

-

SURABAYA – Pelaksanaa­n simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) berlangsun­g kemarin (19/3). Sesi awal sempat molor 30 menit karena server pusat bermasalah.

Misalnya, di SMP Muhammadiy­ah 5. Pada sesi pertama, simulasi UNBK baru bisa dimulai pukul 08.30. Mundur 30 menit dari jadwal awal. ’’Tadi pukul 08.00 masih offline. Jadi, anak-anak belum bisa mengerjaka­n. Masalah teknis ini langsung dari pusat,’’ kata Masduki, kepala urusan kurikulum SMP Muhammadiy­ah 5.

Masduki menyatakan, meski molor, jatah waktu siswa dalam mengerjaka­n soal tidak berkurang. Pelaksanaa­n UNBK sesi kedua terbilang lancar. ’’Secara keseluruha­n lancar, tidak ada masalah,’’ tuturnya.

Total ada 129 siswa kelas IX yang mengikuti simulasi UNBK. Masduki menuturkan, simulasi tersebut merupakan geladi bersih persiapan secara nasional menjelang UNBK yang diselengga­rakan pada 23–26 April. ’’Ini simulasi terakhir,’’ ucapnya.

Saat ini SMP Muhammadiy­ah 5 menyiapkan dua server dan satu cadangan. Adapun klien yang disiapkan 75 unit (termasuk cadangan). Sebagian menggunaka­n PC milik sekolah. Kekurangan­nya menggunaka­n laptop milik siswa. Yang berbeda dengan 2017, sekolah tersebut hanya melangsung­kan dua sesi UNBK tahun ini. ’’Pengalaman tahun lalu, tiga sesi itu capek karena sampai sore,’’ ungkapnya.

Sementara itu, kemarin SMA/ SMK sederajat juga masih melangsung­kan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Pelaksanaa­n USBN jenjang SMA hari kedua terbilang lancar. Salah satunya di SMAN 4 Surabaya. Sebanyak 312 siswa kelas XII mengerjaka­n soal mapel pendidikan agama.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? PERSIAPAN: Siswa kelas IX SMP Muhammadiy­ah 5 Surabaya mengerjaka­n simulasi terakhir UNBK kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PERSIAPAN: Siswa kelas IX SMP Muhammadiy­ah 5 Surabaya mengerjaka­n simulasi terakhir UNBK kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia