Jawa Pos

Tiga Ribu Restoran Rayakan Gout de France

-

WARGA Prancis dikenal menjunjung tinggi kulinernya. Menegaskan hal itu, Festival Gout de France atau Good France diselengga­rakan khusus untuk menghidang­kan makanan Prancis. Perayaan setiap 21 Maret tersebut sudah mendunia. Kemarin (19/3) chef Hotel Majapahit Agus Sudibyo menunjukka­n salah satu menu Prancis.

Peserta Gout de France tahun ini lebih banyak jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Yakni, dari 2 ribu restoran menjadi 3 ribu restoran. Sebanyak 39 restoran di antaranya berada di Indonesia. ’’Jumlah itu menyebar di sepuluh kota di Indonesia. Di Surabaya, ada tiga restoran yang mengikuti,’’ ungkap Direktur Institut Francais Indonesia (IFI) Surabaya Benoit Bavouset kemarin. Selain Hotel Majapahit, dua peserta lain adalah The Consulate dan Janggala (novotel Surabaya).

Good France memang menghadirk­an menu Prancis. Uniknya, unsur dan teknik memasak Prancis itu dipadukan dengan bahan lokal. Menu di negara satu dengan negara lain belum tentu sama.

Setiap restoran berupaya memberikan sajian terbaik. Hidangan makanan dipercanti­k untuk menarik minat masyarakat. Salah satunya dilakukan chef Dibyo kemarin. Menunya diberi nama Chef Blanc de Poulet Provencal. Ayam panggang dengan bumbu rempahremp­ah. Ada tambahan sayuran sebagai pelengkap. Ia dihidangka­n dengan kentang. ’’Makanan Prancis itu bisa diunggulka­n dari rasa maupun teknik,’’ jelasnya.

Teknik yang dimaksud, antara lain, memasak daging ayam dengan vakum. Cara itu membuat nutrisi daging terjaga. ’’Kalau rasa, makanan Prancis identik dengan mentega,’’ tambah Benoit.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? FESTIVAL: Chef Agus Sudibyo (dua dari kanan) menunjukka­n menu chef blanc de poulet provencal di Hotel Majapahit kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS FESTIVAL: Chef Agus Sudibyo (dua dari kanan) menunjukka­n menu chef blanc de poulet provencal di Hotel Majapahit kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia