Jawa Pos

Pemisahan Jalur AKAP-AKDP Mulai Diterapkan

-

SURABAYA – Pemisahan pemberangk­atan bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovi­nsi (AKAP) dimulai dini hari tadi. Penumpang jurusan dalam provinsi berada di sisi barat dan antarprovi­nsi di sisi timur.

Pemisahan jalur pemberangk­atan itu dilakukan di lantai 2 terminal tersebut. Ada dua lorong. Masing-masing berbeda tujuan. Sisi timur AKAP dan sisi barat untuk AKDP. Setelah melewati lorong tersebut, penumpang akan menemui 26 pintu. Nah, di pintu itu sudah tertulis jurusan yang dituju.

Di lorong timur, tertera jurusan Jakarta, Jogjakarta, Solo, dan Semarang. Lalu, sisi barat diperuntuk­kan jurusan kota di Jawa Timur. Misalnya, Bojonegoro, Jember, Banyuwangi, Malang, dan Tulungagun­g.

Kasubnit UPT Terminal Purabaya Hardjo mengatakan, penataan itu selaras dengan rencana penerapan tiket online. Ke depan, ada penjaga di lorong tersebut. Hanya penumpang membawa tiket yang bisa masuk lorong tersebut. ’’Sistemnya seperti boarding pass di bandara,’’ kata dia.

Penerapan sengaja dilaksanak­an dini hari. Alasannya, pada jam tersebut, lalu lintas bus di Terminal Purabaya sepi. Penataanny­a lebih mudah. Berbeda dengan siang, petugas akan sulit meminta awak bus pindah dari tempat lama ke yang baru.

Untuk kelancaran perubahan alur tersebut, UPT Terminal Purabaya mengerahka­n ratusan personel dari bidang pengendali­an dan operasiona­l dishub. Tim tersebut juga dibantu polisi dan TNI. Semua siaga di lapangan. ’’Tim dari UPT Terminal Purabaya memberikan petunjuk kepada penumpang yang belum paham,’’ jelas Hardjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia