Jawa Pos

Libatkan Ortu dalam Kegiatan Sekolah

-

SIDOARJO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo menunjuk 38 satuan pendidikan di Sidoarjo sebagai pilot project pendidikan keluarga. Jumlah tersebut berasal dari jenjang kelompok bermain (KB) hingga SMP. Salah satunya, SMPN 2 Wonoayu.

Sebagai pilot project, banyak program pendidikan keluarga yang harus dijalankan. ’’Intinya, harus ada pertemuan orang tua (ortu) rutin, minimal dua kali setahun,’’ terang kepala SMPN 2 Wonoayu Netti Lastinings­ih. Namun, untuk di SMPN 2 Wonoayu, pertemuann­ya lebih dari itu.

Pertama, seluruh wali murid diundang ke sekolah pada awal tahun pelajaran. Pihak sekolah akan menjelaska­n program yang bakal dilaksanak­an selama setahun. Termasuk sosialisas­i tentang pendidikan keluarga. Ada pula tata tertib, kedisiplin­an yang harus dijalankan siswa, hingga program unggulan sekolah.

Selain itu, ada parenting dengan beragam tema. ’’Januari lalu parenting terkait sekolah ramah anak dan motivasi untuk anak,’’ kata Netti. Ada juga kelas inspiratif. Khusus kelas inspiratif, kata Netti, masingmasi­ng kelas boleh menjalanka­nnya. Bisa juga kolaborasi beberapa kelas. Dalam kelas inspiratif, ada orang tua atau keluarga guru yang diundang untuk sharing pengalaman sukses. ’’Pernah kami undang pilot ke sini,’’ lanjutnya. Kader-kader lingkungan di Kecamatan Wonoayu juga pernah diundang sebagai narasumber kelas inspiratif.

Bukan hanya itu, orang tua pun diundang ke sekolah saat ada agenda pameran dan unjuk karya siswa. ’’Kegiatan tersebut minimal kami adakan setahun sekali,’’ tutur Netti. Para siswa memamerkan karya-karyanya seperti miniatur, lukisan, dan beragam barang daur ulang dalam stan-stan di sekolah. Para orang tua bebas melihat stan-stan tersebut.

Terkait program itu, orang tua sangat antusias. Perubahan pada diri anak juga signifikan. Sebab, orang tua turut mendukung apa yang dilakukan sekolah. ’’Misalnya, salat tepat waktu. Di rumah, orang tua juga ikut membiasaka­n itu,’’ kata Netti. Jadi, ikatan antara orang tua dan anak serta sekolah semakin dekat. ’’Orang tua juga senang diajak parenting karena dapat ilmu baru. Mereka berterima kasih sekali,’’ lanjutnya.

 ??  ??
 ?? SMPN 2 WONOAYU FOR JAWA POS ?? BERPERAN AKTIF: Wali murid dan siswa SMPN 2 Wonoayu mengikuti parenting Januari lalu.
SMPN 2 WONOAYU FOR JAWA POS BERPERAN AKTIF: Wali murid dan siswa SMPN 2 Wonoayu mengikuti parenting Januari lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia