Jawa Pos

PDIP-Golkar Mulai Lobi-Lobi

-

JAKARTA – Lobi-lobi politik terkait pemilihan presiden (pilpres) semakin hangat. Kemarin para petinggi dua partai besar, PDI Perjuangan dan Partai Golongan Karya, bertemu. Salah satu isu yang dibahas adalah mencari kesamaan sikap untuk pemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019.

Pertemuan di kantor DPP Partai Golkar itu dihadiri Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyant­o, dan para pengurus DPP dari dua partai. ’’Golkar dan PDIP punya usulan yang sama untuk Pak Jokowi,’’ ujar Airlangga setelah pertemuan.

Pertemuan kedua pengurus partai, lanjut Airlangga, juga membahas kesamaan prinsip pada kontestasi pemilihan kepala daerah. PDIP dan Golkar berkoalisi dalam pemilihan gubernur Sumatera Selatan, Riau, dan Jawa Tengah. ’’Pertemuan itu sekaligus menyinkron­kan langkah-langkah untuk memenangka­n pasangan calon,’’ ujarnya.

Terkait pembahasan calon wakil presiden, Airlangga menyebut Partai Golkar tidak dalam posisi mengajukan. Airlangga mendorong ada pembahasan bersama di antara parpol pendukung Jokowi. ’’Kami tidak menyodorka­n. Kami dalam posisi mendengar,’’ ujarnya.

Hasto menambahka­n, pertemuan itu merupakan inisiatif PDIP. Hasto menyebut bahwa PDIP menjabarka­n secara spesifik dukungan politik terhadap Jokowi. PDIP berharap ada kerja sama antarparta­i agar tercipta efektivita­s pemerintah­an yang baik. Terkait sosok cawapres, Hasto memastikan belum ada pembahasan terkait nama. Namun, dari sisi kriteria, sosok cawapres adalah satu kesatuan yang mampu mendukung Jokowi. ’’Cawapres adalah sosok pemimpin merakyat yang membangun untuk negara,’’ tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia