Jawa Pos

Utut Dapat Tugas Awasi Sektor Keuangan

-

JAKARTA – Utut Adianto resmi dilantik sebagai wakil ketua DPR dalam rapat paripurna kemarin. Politikus PDI Perjuangan itu diberi tugas mengawasi keuangan negara.

Utut dilantik Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali. Dengan masuknya Utut, pimpinan DPR kini menjadi enam orang. ”Semoga Pak Utut bisa melaksanak­an tugas dengan baik,” kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon saat memimpin rapat paripurna kemarin.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, dalam rapat pimpinan, dirinya sepakat untuk memberikan tugas pengawasan keuangan kepada Utut. Utut akan membawahka­n Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR dan Badan Akuntabili­tas Keuangan Negara (BAKN). Tugas Utut juga mengawasi kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menjadi mitra BURT dan BAKN.

Menurut dia, dengan masuknya Utut sebagai pimpinan, kerja dewan lebih maksimal karena ada tambahan kekuatan politik dari PDIP. Selama ini, tutur dia, terasa cukup aneh karena PDIP yang menjadi pemenang pemilu tidak mempunyai wakil di pimpinan DPR. ”Kami berenam akan menjaga Senayan,” terangnya.

Utut juga berjanji bekerja dengan baik. ”Semoga saya bisa memberikan manfaat. Kalau bisa, DPR tidak gaduh lagi,” paparnya setelah pelantikan. Terkait dengan tugas yang diberikan kepadanya, legislator dari dapil Jawa Tengah itu mengatakan belum tahu bidang kerja yang akan ditangani. Dia belum mendapat pemberitah­uan soal pembagian tugas. ”Kalau ruang kerja, katanya, disiapkan di lantai 2,” terang dia.

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? KURSI BARU: Utut Adianto dilantik menjadi wakil ketua DPR dari Fraksi PDI Perjuangan kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS KURSI BARU: Utut Adianto dilantik menjadi wakil ketua DPR dari Fraksi PDI Perjuangan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia