Jawa Pos

Lippo-PB NU Bangun RS di Magelang

Siap Beroperasi Juli 2018

-

MAGELANG – Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon hasil kerja sama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) dan Lippo Group siap dioperasik­an pertengaha­n 2018. Prosesi topping off yang dilakukan kemarin (20/3) menandai selesainya proses konstruksi RSU di Desa Purwosari, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, itu.

Topping off secara simbolis dilakukan Chairman Lippo Group Mochtar Riady yang didampingi Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini. Hadir juga CEO Lippo Group James Riady, Ketua PB NU Bidang Pendidikan Mohammad Nuh, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono, Pjs Bupati Magelang Tavip Supriyanto, Ketua Yayasan Syubbanul Wathon KH Yusuf Chudlori, dan Wakil Direktur Utama Siloam Caroline.

Pembanguna­n RSU itu dimulai pada Desember 2017 setelah dua bulan sebelumnya perjanjian kerja sama ditandatan­gani kedua pihak. Lippo menugasi jaringan Siloam Hospital untuk membangun. Sedangkan Yayasan Syubbanul Wathon yang juga mengelola Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo menyediaka­n lahan seluas 6.000 meter persegi. ”Pembanguna­n RS ini sudah menjadi harapan panjang dari keluarga besar Syubbanul Wathon,” kata Chudlori.

Dalam tujuh tahun ke depan, RSU yang nanti memiliki 180 tempat tidur itu diproyeksi­kan bisa melayani 300.000 pasien dengan 30 dokter umum dan spesialis. ”Kami harapkan RSU ini bisa melayani masyarakat di Kecamatan Tegalrejo, Ngablak, sampai Pakis,” kata Tavip.

Siloam menugaskan salah seorang dokternya, M. Iqbal Guntur Bismono, untuk menjadi kepala RS. Iqbal mengungkap­kan, pembanguna­n RS akan dilakukan secara bertahap. ”Untuk tahap awal mungkin 89 bed dengan empat kelas,” ucapnya.

RS tersebut, jelas Iqbal, akan dilengkapi IGD, instalasi rawat inap dan rawat jalan, serta radiologi dengan USG dan X-ray. Juga ada 4 poli besar yang meliputi poli umum, internis, anak, dan kandungan; 2 ruang operasi; apotek; 2 ruang NICU; serta 2 ruang ICU. ”Untuk tahap awal, enam dokter umum dan delapan dokter spesialis,” kata dia.

 ?? TAUFIQURRA­HMAN/JAWA POS ?? SINERGI: Dari kiri, Ketua Yayasan Syubbanul Wathon KH Yusuf Chudlori, Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini, Sekdaprov Jateng Sri Puryono, Chairman Lippo Group Mochtar Riady, dan Ketua PB NU Bidang Pendidikan Mohammad Nuh dalam seremoni topping off RSU...
TAUFIQURRA­HMAN/JAWA POS SINERGI: Dari kiri, Ketua Yayasan Syubbanul Wathon KH Yusuf Chudlori, Sekjen PB NU Helmy Faishal Zaini, Sekdaprov Jateng Sri Puryono, Chairman Lippo Group Mochtar Riady, dan Ketua PB NU Bidang Pendidikan Mohammad Nuh dalam seremoni topping off RSU...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia