Jawa Pos

Pakde Karwo: Aman dan Damai Harga Mati di Jatim

-

GUBERNUR Jawa Timur Dr H Soekarwo bersama Forkopimda Jatim yang terdiri atas Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim berkomitme­n untuk menciptaka­n Pilkada 2018 yang aman dan damai. Komitmen itu disampaika­nnya saat memimpin rapat koordinasi (rakor) ketertiban dan keamanan Jatim di Convention Hall Grand City Surabaya. Acara pada Selasa (20/3) itu dihadiri sekitar 2.000 orang mulai bupati/wali kota, Dandim, Kapolres, Kajari, ketua KPU, camat, Danramil hingga Kapolsek se-Jatim.

Alasannya, pilkada adalah satu sasaran untuk masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, pilkada harus mencermink­an proses adil dan makmur, bukan malah merusak. ’’Hari ini puncak dari proses panjang yang sudah dilakukan dan akan diambil sikap bersama, yaitu aman dan damai harga mati di Jatim mulai jajaran atas hingga bawah,” tegas Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim.

Menurutnya, kondisi aman dan damai di Jatim sangat berpengaru­h terhadap pembanguna­n dan perdaganga­n di Jatim dan daerah lain di Indonesia. Hal itu karena posisi Jatim yang sangat strategis yakni di tengah-tengah arus distribusi barang dan jasa (center of grafity) dan merupakan hub perdaganga­n dengan Indonesia Timur dan negara ASEAN.

Kondisi aman dan nyaman ini membuat pertumbuha­n ekonomi Jatim terus menunjukka­n angka yang baik. Pada 2017 tercatat 5,45 persen. Selain itu, Jatim termasuk dua provinsi terbesar di bidang industri dengan 29,03 persen struktur PDRB Jatim berasal dari sektor industri pengolahan.

Kondusivit­as itu membuat Jatim meraih penghargaa­n sebagai provinsi paling aman dan nyaman selama tiga tahun berturut-turut. Selain itu, hasil riset yang dilakukan Asia Competitiv­eness Institute (ACI) 2017 menobatkan Jatim sebagai provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis nomor satu di Indonesia. Hasil itu berdasarka­n tiga kategori penilaian yakni daya tarik investor, keramahan bisnis, dan kebijakan kompetitif.

Ditambahka­nya, pilkada Jatim tahun ini meliputi pemilihan bupati/wali kota di 18 kab/kota dan pemilihan gubernur/wakil gubernur. Dari total jumlah penduduk Jatim sebanyak 39.500.952 orang, jumlah daftar pemilih sementara sebanyak 30.385.986 orang yang terbagi di 38 kab/kota dengan 666 kecamatan dan 8.497 desa/kelurahan.

’’Target yang diharapkan pemerintah pusat tahun ini angka partisipas­i pilkada mencapai 70 persen. Artinya, kepercayaa­n yang diambil sangat kredibel. Kami akan mendukung sosialisas­i ini,” kata orang nomor satu di Jatim ini. Di akhir sambutanny­a, Soekarwo mengingatk­an kembali pentingnya melibatkan masyarakat dalam pengambila­n keputusan.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman menegaskan bahwa jajaran TNI dan Polri siap bersinergi mendukung terwujudny­a pilkada yang aman dan damai di Jatim. Sinergi itu salah satunya diwujudkan dalam MoU antara Panglima TNI dan Kapolri tentang perbantuan dalam rangka memelihara kemanan dan ketertiban.

Beberapa langkah yang dilakukan Kodam V Brawijaya di antaranya dengan memperteba­l kekuatan polsek saat pemilihan, patroli skala besar pada setiap tahapan pemilu, serta melibatkan tiga pilar dalam melaksanak­an pembinaan terhadap masyarakat. ’’TNI/Polri di Jatim kompak, solid, guyub, dan rukun tidak pernah ada perselisih­an. Ini semua juga berkat Pakde Karwo yang selama hampir dua periode merangkul semua unsur hingga tingkat babinsa dan babinkamti­bmas,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen. Pol. Machfud Arifin menegaskan komitmen Polri bersama TNI untuk mengamanka­n pelaksanaa­n pilkada serentak pada setiap tahapan. Polda Jatim juga telah melakukan pemetaan kerawanan pilkada termasuk memetakan karakter masyarakat. ’’Kami pastikan bahwa seluruh anggota polri hingga di tingkat polsek siap mengamanka­n jalannya pilkada, termasuk mengevalua­si dari pelaksanaa­n pilkada sebelumnya,” katanya.

Polda Jatim juga telah melakukan simulasi pengamanan pilkada mulai pengamanan pendistrib­usian kotak suara, pengawalan lalu lintas hingga keamanan kepada setiap paslon, pengamanan rusuh saat terhadap kampanye, serta PAM saat masa tenang.

’’Pengamanan kita juga berbasis IT, jadi bisa memantau semua kondisi dari command center Polda Jatim,” tegasnya.

TNI/Polri Siap Bersinergi

 ??  ?? SOSIALISAS­I: Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo mendukung pilkada Jatim yang aman dan damai dengan melibatkan masyarakat.
SOSIALISAS­I: Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo mendukung pilkada Jatim yang aman dan damai dengan melibatkan masyarakat.
 ??  ?? KOMPAK: Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo bersama Forkopimda Jatim berkomitme­n untuk menciptaka­n Pilkada 2018 yang aman dan damai. Acara ini berlangsun­g saat rapat koordinasi (rakor) ketertiban dan keamanan Jatim di Grand City Surabaya pada Selasa...
KOMPAK: Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo bersama Forkopimda Jatim berkomitme­n untuk menciptaka­n Pilkada 2018 yang aman dan damai. Acara ini berlangsun­g saat rapat koordinasi (rakor) ketertiban dan keamanan Jatim di Grand City Surabaya pada Selasa...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia