Jawa Pos

Mobil tanpa Sopir Makan Korban

-

TEMPE – Uji coba mobil tanpa sopir yang dikembangk­an Uber, Alphabet Inc dan General Motors Co, gagal. Senin (19/3) mobil pintar alias mobil robot itu menabrak seorang perempuan yang menyeberan­g di jalanan Tempe, Arizona. Korban yang sedang menuntun sepedanya tersebut tewas.

Insiden itu memaksa Uber menunda uji coba mobil tanpa sopir di beberapa kota lain. Yakni, di Pittsburgh dan Toronto. ”Kecelakaan tragis tersebut menegaskan kembali pentingnya kewaspadaa­n dan persiapan matang dalam uji coba teknologi canggih semacam itu di tempat umum,” kata Senator Edward Markey, anggota Komite Perhubunga­n Senat, sebagaiman­a dikutip Reuters kemarin (20/3).

Saat ini para legislator Amerika Serikat (AS) sedang menggodok aturan soal mobil tanpa sopir tersebut. Kecelakaan yang merenggut nyawa Elaine Herzberg itu jelas akan menjadi masukan penting. ”Korban sudah sampai di seberang jalan dan belum sempat naik ke sepedanya saat mobil tanpa sopir itu menabrakny­a dengan kecepatan sekitar 65 kilometer per jam,” ucap Sersan Ronald Elcock dari Kepolisian Tempe.

Di balik kemudi Volvo XC90 tersebut ada sopir. Namun, saat itu mobil dalam mode otomatis alias tanpa sopir. ”Jika dilihat dari CCTV, kecelakaan semacam tersebut memang sangat sulit dihindari. Bahkan, saat mobil dikendalik­an oleh manusia pun, kecelakaan itu tetap akan terjadi,” ujar Kepala Polisi Tempe Sylvia Moir kepada Associated Press. Kini Uber dan rekanannya mengevalua­si teknologi canggih tersebut.

 ?? ERIC RISBERG/AP ?? BELUM PINTAR: Mobil tanpa sopir milik Uber saat dipersiapk­an garasinya di San Francisco pada Desember 2016. di
ERIC RISBERG/AP BELUM PINTAR: Mobil tanpa sopir milik Uber saat dipersiapk­an garasinya di San Francisco pada Desember 2016. di

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia