Jawa Pos

Fifth Harmony Kejar Karir Solo

-

LOS ANGELES– Berbahagia­lah fans yang sempat menyaksika­n konser Fifth Harmony di The Kasablanka Hall, Jakarta, pekan lalu (12/3). Bisa jadi, itu penampilan terakhir Ally Brooke, Normani Kordei, Dinah Jane, dan Lauren Jauregui sebagai grup.

Di tengah rangkaian PSA Tour

yang sedang mereka jalani, girlband

tersebut mengumumka­n bakal hiatus dalam waktu tak terbatas. ”Setelah enam tahun tampil total, nonstop, kami paham bahwa untuk tetap jujur pada diri sendiri dan kalian, kami butuh mengambil hiatus dari Fifth Harmony untuk menempuh karir solo.”

Begitulah pernyataan resmi mereka di Twitter kemarin (20/3). Hal tersebut jelas membuat banyak Harmonizer­s – sebutan fans Fifth Harmony– kaget. Sebab, mereka baru saja manggung di Orlando. Mereka juga menyisakan tiga konser dari PSA Tour.

Keputusan vakum itu diambil tujuh bulan setelah mereka merilis album ketiga, Fifth Harmony.

Album tersebut adalah karya Ally dkk setelah Camila Cabello keluar pada September 2016. Sebelum launching, para personel Fifth Harmony sempat down. Mereka merasa tertekan dan burnout.

Lauren menceritak­an, dia sempat kehilangan passion

bermusik. ”Kamu enggak bisa menemui keluarga dan temanmu. Kamu tidak bisa melakukan hal-hal untuk dirimu sendiri. Hal itu sangat membuat depresi, lelah, dan sedih. Berbeda dengan sekarang,” ungkapnya kala diwawancar­a The Times pada pertengaha­n tahun lalu.

Sementara itu, Normani sempat cemas lantaran dia benar-benar bergantung pada karir musiknya kala itu. ”Pernah aku ada di tengah panggung dan sadar, ’Aku nggak merasakan apa pun.’ Hal itu menakutkan buatku,” ucapnya.

Setelah Camila keluar, jebolan X-Factor 2012 itu memang bekerja keras untuk membangun kembali tim. Mereka banyak berdiskusi dengan pihak label supaya tetap bisa berkarir, baik dengan maupun tanpa anggota Fifth Harmony lainnya.

Untung, Syco Records dan Epic Records yang menaungi mereka memberikan ruang untuk bersolo karir. Hasilnya, selama setahun terakhir, tiap personel punya proyek solo di luar grup. Tahun lalu Normani meneken kontrak solo dengan label S10 Entertainm­ent & Media buat merilis Love Lies, single kolaborasi dengan Khalid.

Fifth Harmony bakal menyelesai­kan jadwal konser PSA Tour yang tersisa, yakni di Amerika Serikat, Puerto Rico, dan Islandia pada Mei mendatang. Setelah itu baru hiatus. Entah sampai kapan.

 ?? FIFTH HARMONY OFFICIAL ?? TIDAK BUBAR: Dari kiri, Dinah Jane, Normani Kordei, Ally Brooke, dan Lauren Jauregui berjanji akan bersatu lagi sebagai grup setelah proyek solo masing-masing selesai.
FIFTH HARMONY OFFICIAL TIDAK BUBAR: Dari kiri, Dinah Jane, Normani Kordei, Ally Brooke, dan Lauren Jauregui berjanji akan bersatu lagi sebagai grup setelah proyek solo masing-masing selesai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia