Jawa Pos

Apresiasi secara Utuh

-

SUPPORT Google terhadap karyawan perempuan sangat besar. Delapan perempuan yang bekerja di Google Indonesia menyempatk­an berbincang siang itu (5/3). Fibriyani Elastria, Amanda Chan, Mira Sumanti, Sasha Sunu, Febrina Herlambang, Alexandra Romualdez, Farida Heyder, dan Veronica Utami mengungkap­kan hal serupa: lingkungan kerja yang sangat suportif membuat mereka merasa diapresias­i secara utuh.

Jam kerja yang sangat fleksibel memungkink­an untuk bekerja dari mana saja ketika ada keperluan urgen. Fibri, sapaan Fibriyani, mencontohk­an, sebagai ibu bekerja dengan dua anak, saat anak sakit atau menemani anak performanc­e di sekolah, dirinya bisa melakukann­ya sembari tetap bekerja. ”Fleksibili­tas dan kepercayaa­n yang diberikan perusahaan itu membuat kami makin produktif,” tuturnya.

Cuti melahirkan diberikan selama empat bulan. Penilaian kinerja dilakukan secara objektif. ”Sehingga karyawan tidak merasa menyesal karena ambil cuti. Environmen­t di sini sangat suportif,” imbuhnya.

Febrina Herlambang yang tengah hamil tujuh bulan mengungkap­kan, salah satu aha moment ketika bergabung dengan Google, sebelum tanda tangan kontrak, dirinya menginfoka­n kehamilann­ya. ”Surprising­ly, sangat di-support,” ucapnya. Karyawan laki-laki pun mendapatka­n cuti untuk mendamping­i istri melahirkan.

Sementara itu, mother’s room menjadi ruang favorit Alexandra Romualdez. Perempuan asal Filipina itu merupakan ibu dua anak berusia dua tahun dan lima bulan. ”Saya cuti dua kali dalam dua tahun, tapi tetap bisa menyelesai­kan tanggung jawab kerja,” katanya.

Satu lagi, hari orang tua. Khusus hari yang ditentukan, karyawan mengajak orang tua ke kantor. Ortu bisa mengenal lingkungan kerja sang anak, makin mengenal Google seperti apa.

Sebab, tak jarang mereka melihat anak bekerja dari rumah berbekal laptop. Bahkan, ada ayah atau ibu yang sempat merasa sedih karena anaknya melepas pekerjaan di kantor lama demi masuk Google. ”Setelah tahu gimana susahnya masuk Google, mereka paham alasannya dan bangga,” tutur Fibri.

 ?? GOOGLE FOR JAWA POS ?? BUKA WAWASAN: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i (dua dari kanan) menghadiri sesi edukasi pemanfaata­n internet bagi perempuan di Surabaya.
GOOGLE FOR JAWA POS BUKA WAWASAN: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i (dua dari kanan) menghadiri sesi edukasi pemanfaata­n internet bagi perempuan di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia