Jawa Pos

Tol Ngawi–Kertosono Siap 100 Persen

Kantongi Sertifikat Laik Fungsi

-

SURABAYA – Tahapan krusial terakhir untuk pengoperas­ian tol Ngawi–Kertosono seksi Ngawi–Wilangan baru saja dilalui. Ruas tol itu telah mengantong­i dua sertifikat, yakni sertifikat laik fungsi jalan tol dan sertifikat laik operasi.

Artinya, ruas tol sepanjang 52 kilometer tersebut siap dioperasik­an dan tinggal diresmikan Presiden Joko Widodo.

Tim evaluasi gabungan Kementeria­n PUPR, Korlantas Polri, dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sudah mengecek tol tersebut dua kali secara langsung. Baik dari sisi teknis, fasilitas, maupun perlengkap­an jalan sesuai standar keselamata­n.

’’Hasil evaluasi menyatakan bahwa ruas jalan tol Ngawi– Wilangan sudah memenuhi persyarata­n teknis sebagai jalan tol,’’ jelas Dirut PT Ngawi Kertosono Jaya Iwan Moedyarno kemarin (20/3).

Di luar itu, pihaknya juga telah melakukan uji peralatan tol bersama PT Jasa Marga. Uji coba dilakukan sepekan lalu, pada 13–14 Maret, yang meliputi kesiapan empat gerbang tol (GT) di ruas tersebut. Yakni, GT Ngawi, Madiun, Caruban, dan Wilangan. Pengecekan terutama difokuskan pada kesiapan empat GT itu untuk melayani transaksi nontunai.

Iwan menuturkan, selanjutny­a BPJT meminta Kementeria­n PUPR untuk segera menetapkan tarif tol. Pertimbang­annya adalah nilai investasi, kemampuan bayar pengguna jalan, dan besaran keuntungan operasiona­l. Saat ini asumsi awal rata-rata tarif tol secara umum adalah Rp 1.000/km. Namun, bisa saja saat penetapan berbeda.

Iwan menambahka­n, saat ini pihaknya menuntaska­n beberapa pekerjaan akhir untuk persiapan pengoperas­ian penuh ruas tol Ngawi–Wilangan. Dengan begitu, saat dioperasik­an penuh nanti, tidak ada kendala, baik pada pengguna jalan maupun operator.

Ruas Ngawi–Wilangan merupakan bagian dari tol trans-Jawa yang ditargetka­n tersambung penuh akhir tahun ini. Rencana awal, ruas tersebut diresmikan bulan ini, tapi akhirnya diundur. Namun, pemerintah memastikan sebelum masa mudik Idul Fitri, tol tersebut sudah beroperasi penuh.

 ?? GRAFIS: DAVID PRASTYO/JAW ??
GRAFIS: DAVID PRASTYO/JAW
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia