Jawa Pos

MENGUSIK PENJAGA MISTAR

-

MOSKOW – Joe Hart dan Manuel Neuer sudah lama menjadi kiper nomor satu di timnas negara masing-masing. Hart sudah sedekade menjaga mistar gawang Inggris, sedangkan Neuer memainkan debut bersama Jerman pada Februari 2009. Bahkan, sejak 2010, Hart dan Neuer nyaris tak tergantika­n.

Hanya, saat ini sulit menggarans­i mereka berhak mengklaim posisi kiper nomor satu di Piala Dunia 2018. Jika Hart tampil jeblok bersama West Ham musim ini, Neuer malah kehilangan atmosfer laga kompetitif bersama Bayern Muenchen seiring dengan cedera retak tulang metatarsal kaki kiri sejak 18 September 2017.

Pada saat bersamaan, ada kiper lain yang digadang-gadang bakal menggantik­an posisi masing-masing. Hart misalnya. Pelatih Inggris Gareth Southgate memanggil tiga kiper sekaligus untuk memberikan tekanan kepada kiper dengan 75 caps tersebut. Yakni Jack Butland (Stoke City), Jordan Pickford (Everton), serta debutan asal Burnley Nick Pope.

’’Saya butuh kiper yang mampu meyakinkan saya bahwa dia layak jadi nomor satu,’’ ungkap Southgate kepada Sky Sports. ’’Kami punya (kiper nomor satu) yang sudah lama. Sayang, dia tidak menjalani musim dengan baik,’’ lanjut Southgate seolah menyindir Hart yang kebobolan 33 gol dari 15 kali penampilan­nya musim ini.

Butland yang punya enam

caps dan Pickford (hanya satu

caps) dianggap Southgate bisa ’’dimatangka­n’’ dalam sisa waktu tiga bulan ke depan. Terlebih, kemampuan kedua penjaga gawang lumayan dikenal baik oleh Southgate karena pernah menjadi anak asuhnya di Inggris U-21.

Persoalan yang sama dihadapi Joachim ’’Jogi’’ Loew. Der trainer Jerman itu belum bisa memainkan Neuer. Kiper 31 tahun tersebut diprediksi baru pulih dari cedera pada pertengaha­n April nanti atau kurang dari sebulan sebelum Piala Dunia 2018.

Jogi beruntung karena masih memiliki Marc-Andre ter Stegen yang sedang cemerlang di Barca. Sebagaiman­a dilansir

Daily Mail, Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) dan Bayern disebut memilih tidak akan memaksakan Neuer bermain lebih awal demi berlaga di Rusia musim panas nanti. ’’Ada risiko memainkan seorang pemain yang lama cedera untuk ajang kompetitif seperti Piala Dunia,’’ kata Andreas Koepke, pelatih kiper Jerman.

Selain Inggris dan Jerman, beberapa kontestan Piala Dunia 2018 masih dilema memilih penjaga mistar. Brasil misalnya. Meski pelatih Selecao Tite mulai reguler memainkan Alisson Becker, kiper AS Roma, mencadangk­an Ederson Moraes (Manchester City) dianggap tidak fair.

Kalau melihat performa klub, Ederson bermain gemilang sebagai orang terakhir di pertahanan City sepanjang musim ini. Kiper termahal dunia kala diboyong City dari Benfica musim panas lalu itu sekaligus mengunggul­i Claudio Bravo (Cile).

 ?? INA FASSBENDER/EPA-ANDY RAIN/EPA-EFE ?? KIPER UTAMA
JOE HART Usia: 30 tahun Klub: West Ham
Caps: 75
Gol Kemasukan: 45 Clean Sheet: 41
Laga Musim Ini: 19 Gol Kemasukan: 36 Clean Sheet: 5
PESAING
JORDAN PICKFORD Usia: 24 tahun Klub: Everton
Caps: 1
Gol Kemasukan: 0 Clean Sheet: 1
Laga...
INA FASSBENDER/EPA-ANDY RAIN/EPA-EFE KIPER UTAMA JOE HART Usia: 30 tahun Klub: West Ham Caps: 75 Gol Kemasukan: 45 Clean Sheet: 41 Laga Musim Ini: 19 Gol Kemasukan: 36 Clean Sheet: 5 PESAING JORDAN PICKFORD Usia: 24 tahun Klub: Everton Caps: 1 Gol Kemasukan: 0 Clean Sheet: 1 Laga...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia