Jawa Pos

Cari Referensi Liga Super Tiongkok

-

SETAHUN terakhir, banyak pesepak bola Portugal yang menginvasi Liga Super Tiongkok. Dimulai Ricardo Carvalho yang bergabung dengan Shanghai SIPG, Jose Fonte ke Dalian Yifang, serta Ricardo Vaz Te dan Orlando Sa yang samasama membela Henan Jianye.

Belum lagi deretan pelatih mulai Paulo Sousa (Tianjin Quanjin), Vitor Pereira (Shanghai SIPG), dan Paulo Bento (Chongqing Dangdai Lifan). Yang terbaru, Cristiano Ronaldo mulai mencari referensi tentang liga paling royal di Benua Asia tersebut.

Kabar itu diungkapka­n Luiz Felipe Scolari, mantan pelatih Ronaldo di timnas Portugal (2003–2008). Scolari sekaligus pernah dua tahun menangani klub juara Liga Super Tiongkok Guangzhou Evergrande. ”Cristiano lebih dari sekali bertanya kepada saya tentang hidup di Tiongkok,” kata pelatih 69 tahun asal Brasil tersebut.

Big Phil, sapaan akrab Scolari, pun menjelaska­n semua tentang liga yang lima tahun terakhir menyedot bintang-bintang Eropa itu. Pelatih Brasil kala memenangi Piala Dunia 2002 tersebut menilai, CR7 tidak salah mempertimb­angkan Liga Super Tiongkok sebagai peluang karir ke depan. ”Tiongkok itu negara terbesar di dunia, begitu juga industriny­a. Banyak orang (pemain) di dunia ini yang mencari peluang ke Tiongkok,” jelasnya.

Hanya, Scolari tak menyebutka­n secara detail apakah ada klub Liga Super Tiongkok yang dibidik Ronaldo. Dengan usia yang menapak 33 tahun, Ronaldo masih terikat kontrak di Real hingga 30 Juni 2021.

 ?? RAFAEL MARCHANTE/REUTERS ?? INCUMBENT DAN MANTAN: Luiz Felipe Scolari (kanan) bersama pelatih timnas Portugal Fernando Santos saat hadir di Quinas de Ouro kemarin.
RAFAEL MARCHANTE/REUTERS INCUMBENT DAN MANTAN: Luiz Felipe Scolari (kanan) bersama pelatih timnas Portugal Fernando Santos saat hadir di Quinas de Ouro kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia