Jawa Pos

Membawa Spirit Venezuela

-

LEWIS Cook sebetulnya sudah mendapat kesempatan debut bersama timnas Inggris pada November tahun lalu. Yakni, ketika Inggris menghadapi Brasil pada laga uji coba di Wembley, London. Namun, hingga laga yang berkesudah­an imbang tanpa gol itu berakhir, Cook tak mendapat kesempatan bermain sedetik pun.

Kini nama gelandang muda Bournemout­h tersebut kembali masuk skuad The Three Lions, julukan timnas Inggris. Meski baru 21 tahun dan tergolong pemula, Cook mempunyai modal yang tidak dimiliki seniornya di timnas Inggris.

Ya, Cook adalah kapten Inggris setelah Bobby Moore yang mempunyai prestasi mendunia. Kalau Moore menang di Piala Dunia 1996, Cook mengangkat trofi Piala Dunia U-20 musim panas lalu di Venezuela.

Ya, 2017 boleh dibilang tahun kejayaan skuad muda Inggris. Selain menang di Piala Dunia U-20, mereka memenangi Piala Dunia U-17 Oktober tahun lalu. Untuk kali pertama dalam sepanjang sejarah, Inggris dua kali menjadi juara dunia di kelompok umur.

Nah, kesuksesan di Venezuela itulah yang membuat Cook berambisi membawa Inggris menjadi kampiun di Piala Dunia 2018. ’’Saya belajar banyak tentang turnamen sepak bola pada musim panas lalu. Mungkin saya bisa memberikan masukan tentang apa yang terjadi dan membantu mengangkat tim,” kata Cook kepada Mirror.

Pada uji coba bulan ini, Inggris akan menantang dua kekuatan sepak bola Eropa. Sayangnya, dua calon lawan Inggris tersebut sama-sama tidak lolos Piala Dunia 2018 mendatang. Yakni, Belanda (24/3) dan Italia (28/3).

Selain memboyong Cook yang pernah membawa Inggris kampiun di Venezuela, pelatih Gareth Southgate menyelipka­n nama lain yang pernah menang dalam turnamen kelompok umur. Yaitu, Jack Butland (juara Euro U-17 pada 2010).

 ??  ?? BEBERAPA pemain dipanggil untuk kali pertama di laga internasio­nal. Justin Kluivert yang baru berusia 18 tahun menjadi debutan termuda pada uji coba bulan ini. Sementara itu, Marcos Alonso dan Wissam Ben Yedder tertua. Main KETERANGAN: Gol Assist Clean...
BEBERAPA pemain dipanggil untuk kali pertama di laga internasio­nal. Justin Kluivert yang baru berusia 18 tahun menjadi debutan termuda pada uji coba bulan ini. Sementara itu, Marcos Alonso dan Wissam Ben Yedder tertua. Main KETERANGAN: Gol Assist Clean...
 ?? KIM HEE-CHUL/EPA ?? SIAP BERSAING: Lewis Cook (kiri) berebut bola dengan gelandang Argentina Marcos Senesi di Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2017.
KIM HEE-CHUL/EPA SIAP BERSAING: Lewis Cook (kiri) berebut bola dengan gelandang Argentina Marcos Senesi di Piala Dunia U-20 pada 20 Mei 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia