Jawa Pos

Ujian Awal di Ullevaal

BERT VAN MARWIJK

-

UJI coba melawan Norwegia di Ullevaal, Oslo, Jumat mendatang (23/3) menjadi ajang pembuktian kualitas Bert van Marwijk. Pelatih asal Belanda itu sudah satu setengah bulan menangani timnas Australia. ’’Saya adalah pelatih yang realistis. Saya menyukai sepak bola kreatif. Saya senang kalau tim menguasai bola, namun saya juga menyenangi kemenangan yang merupakan hal paling penting,’’ kata Van Marwijk kepada The Guardian.

Dengan kata lain, Van Marwijk ingin menyuguhka­n penampilan Socceroos –julukan timnas Australia– yang berbeda daripada era sebelumnya. Ketika masih ditangani Ange Postecoglo­u, Australia lebih berfokus pada penguasaan bola dan menyerang melalui sayap. Nanti Van Marwijk tak memaksakan pemainnya untuk bermain dengan pola lama.

’’Satu tim tak akan bisa memainkan satu filosofi permainan yang tidak mereka kuasai. Ketika pemain tidak senang dengan pola yang diinginkan pelatih, biasanya mereka akan membuat kesalahan,’’ tutur pelatih berusia 65 tahun itu.

Di sisi lain, gelandang Australia Mark Milligan yang saat ini bermain untuk tim Arab Saudi, Al-Ahli, menyebutka­n, sosok Van Marwijk mendapat respek yang luar biasa dari fans Saudi.

’’Karena kesimpelan permainan Saudi di fase kualifikas­i ini, mereka akhirnya lolos ke Piala Dunia setelah terakhir melakukann­ya pada 2006 di Jerman. Kini, ketika Van Marwijk pergi, mereka kecewa,’’ ucap Milligan kepada News kemarin (20/3).

 ?? BRENDAN ESPOSITO/EPA ?? SELAMAT DATANG: Bert van Marwijk (kanan) disambut Direktur Timnas Australia Luke Casserly di Bandara Sydney, Australia.
BRENDAN ESPOSITO/EPA SELAMAT DATANG: Bert van Marwijk (kanan) disambut Direktur Timnas Australia Luke Casserly di Bandara Sydney, Australia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia