Jawa Pos

Bus Sobo Kelurahan Mulai Bisa Dimanfaatk­an

-

SURABAYA – Bus Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan diluncurka­n di Kelurahan Keputran, Tegalsari, kemarin (20/3). Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan menyatakan, fasilitas baru tersebut bisa dimanfaatk­an warga metropolis begitu jam operasiona­l bekerja selesai. Yakni mulai pukul 18.00–20.00, Senin-Jumat. Bus itu akan berkelilin­g ke seluruh kelurahan di Surabaya secara bergantian. Warga bisa menilik jadwalnya di internet.

Bus yang didominasi warna oranye itu punya fasilitas melebihi SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) di polsek atau polrestabe­s. Jika SPKT hanya melayani pembuatan SKCK dan laporan polisi, petugas di bus tersebut menambah layanan dengan perpanjang­an SIM. Untuk itu, bus dilengkapi dengan dua anggota dokpol (kedokteran kepolisian) yang selalu stand by.

Rencananya, bus ditempatka­n di dekat kantor kelurahan yang dikunjungi

Namun, Rudi tak menutup kemungkina­nbakalmene­mpatkan bus tersebut ke area yang lebih luas. ’’Kalau kantor kelurahann­ya ada di tengah permukiman, ya mungkin kami bisa pindahkan ke jalan terdekat yang lebih lebar. Itu kondisiona­l saja,’’ jelasnya.

Warga bisa memantau langsung jadwal bus itu di laman polrestabe­ssurabaya.com. Atau bisa memantau Twitter @polrestabe­ssby. Salah seorang warga, Marlin Leodor Silaen, sempat mencoba pelayanan di bus tersebut. Warga Benowo itu baru pulang kerja. Dia memantau informasi di internet dan langsung datang ke Kelurahan Keputran, Tegalsari. Dia hendak memperpanj­ang SIM C miliknya yang habis pada Mei mendatang. ’’Saya kira perlu bikin surat dokter dulu. Ternyata di sini sudah ada dokter polisinya. Mantap,’’ ungkapnya.

Kombespol Rudi Setiawan mengatakan, bus tersebut didesain untuk memenuhi tuntutan pelayanan kepada warga. Bagian dalam bus diatur seperti sebuah kantor layanan. Ide awalnya muncul dari pengalaman seharihari. Banyak warga yang mengeluh harus izin tidak masuk kantor untuk mengurus administra­si di kepolisian.

Rudi mengingink­an layanan terpadu yang diselengga­rakan setiap hari hingga malam. Persis menyesuaik­an jam selesai kerja warga yang kebanyakan menjadi karyawan. ’’Pokoknya, saya mau gimana caranya ada pelayanan malam,’’ katanya.

Untuk mewujudkan ide itu, hanya diperlukan waktu dua minggu. ’’Dengan dana seadanya, kemampuan seadanya, peralatan seadanya. Kami modifikasi bus patroli yang nganggur di mako (Mapolresta­bes Surabaya),’’ tuturnya.

Rudi tampak senang saat kain merah yang menutupi bus dibuka. Bersama Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan dan Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli, Rudi mengguntin­g pita merah tanda peresmian.

Setelah itu, dia juga memecahkan kendi berisi air dan kembang. Seremoni itu menandai bus tersebut mulai beroperasi. ’’Walaupun bus ini inovasi, tapi kami tidak akan meninggalk­an kearifan lokal,’’ ucapnya. Nilai lokalitas itu disematkan­nya dalam nama bus: Sobo Kelurahan.

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ??
ZAIM ARMIES/JAWA POS
 ?? ZAIM ARMEIS/JAWA POS ?? LANGSUNG PELAYANAN: Foto kiri, Bus Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan di-launching kemarin. Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan bersama Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli dan Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan melihat operasiona­l...
ZAIM ARMEIS/JAWA POS LANGSUNG PELAYANAN: Foto kiri, Bus Polisi Suroboyo Sobo Kelurahan di-launching kemarin. Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan bersama Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli dan Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan melihat operasiona­l...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia