Jawa Pos

Usulkan Ekonomi Kreatif Masuk Kurikulum SMP

-

SURABAYA – Rancangan perda insiatif DPRD tentang ekonomi kreatif sedang digodok. Pembentuka­n raperda tersebut bertujuan mengembang­kan industri kreatif yang membutuhka­n bantuan modal, pemasaran, hingga pelatihan.

Usulan raperda ekonomi kreatif itu dibahas di Ruang Rapat Badan Kehormatan DPRD kemarin (20/3). Dalam rapat tersebut, hadir anggota DPRD, pakar, kadin, dan perwakilan Surabaya Creative City Forum (SCCF).

Anggota Komisi B Achmad Zakaria mengatakan, raperda tersebut dibentuk untuk mendukung upaya pemkot dalam pengembang­an ekonomi kreatif. Misalnya, pendirian rumah kreatif dan co-working space. ”Nah, dengan perda itu, kami ingin memperkuat tumbuhnya sektor kreatif tersebut,” terangya.

Bukan hanya itu, melalui raperda tersebut, nanti penanganan dan pengembang­an SDM di sektor ekonomi kreatif bisa berkelanju­tan. Produk kreatif pun bisa terus diproduksi dan mampu meningkatk­an ekonomi kota.

Zakaria menjelaska­n, dalam raperda tersebut, dewan akan mengusulka­n beberapa poin pokok. Di antaranya, membuat organisasi ekonomi kreatif, memfasilit­asi sertifikas­i produk dan usaha, memberikan pelayanan promosi, serta perlindung­an usaha kreatif yang baru mulai berbisnis.

Raperda itu rencananya juga memasukkan sektor ekonomi kreatif dalam kurikulum tingkat SMP. Materi pendidikan berwirausa­ha tersebut penting agar iklim menjadi entreprene­urship bisa terbentuk sejak dini.

Selain peran pemerintah, politikus fraksi PKS itu mengusulka­n keterlibat­an swasta. Khususnya dalam sektor penyediaan fasilitas keterampil­an. Untuk industri, misalnya. Mereka nanti diminta membuat program corporate social responsibi­lity (CSR) dalam bentuk inkubasi proyek.

Perwakilan SCCF Yosef Abrian mengapresa­si langkah dewan untuk merancang raperda tersebut. Menurut dia, selama ini perkembang­an industri kreatif di Surabaya belum bisa maksimal karena beberapa masalah. Misalnya, permodalan dan pemasaran. Sering kali modal sulit didapat sehingga ide kreatif tidak bisa dipasarkan secara maksimal.

 ?? DOK. JAWA POS ?? Achmad Zakaria
DOK. JAWA POS Achmad Zakaria

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia