Jawa Pos

Segerakan Perbaikan Saluran Air

-

SURABAYA – Saluran air di Flat Romokalisa­ri akan direvitali­sasi pada pertengaha­n tahun ini. Aksesnya kerap digenangi air hujan. Penyebabny­a, saluran air tidak berfungsi. Setelah dicek, dimensi saluran yang menyempit tidak mampu menampung air dalam jumlah banyak.

Saat hujan, sebagian akses masuk ke flat masih tergenang. Kemarin (19/3) deretan box culvert sudah disiapkan untuk segera dipasang. Itu menjadi taman bermain dadakan bagi sebagian anak penghuni flat untuk bermain petak umpet.

Menurut Camat Benowo Muslich Hariadi, sebagian box culvert sudah siap. Tinggal menunggu komando dari dinas perumahan rakyat kawasan permukiman cipta karyadanta­taruang(DPRKPCKTR). ”Belum tahu pastinya di bulan apa,” katanya.

Nantinya, saluran dibangun untuk mengalirka­n air sekaligus sebagai pembuangan ke laut. Revitalisa­si tersebut dilakukan sepanjang 200 meter. Dengan demikian, saluran air lancar dan banjir di kawasan itu bisa diminimalk­an. ”Sebelumnya, hanya ada penampunga­n sementara di bagian selatan flat. Tapi, sepertinya sudah tidak mampu lagi,” ucapnya.

Menurut dia, box culvert sejauh ini sudah dibangun secara sistematis dan terarah. Dengan begitu, pengerjaan proyek tidak terpisah-pisah. Selanjutny­a, ada pembanguna­n taman dan ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan lapangan futsal di area tersebut.

Dia berharap pemasangan box culvert menjawab keluhan warga akan genangan air. ”Kami mengupayak­an agar kawasan ini menjadi layak huni. Warganya nyaman. Aksesnya pun gampang,” jelasnya.

 ??  ?? SIAP PASANG: Beberapa anak penghuni Flat Romokalisa­ri bermain di tumpukan box culvert kemarin.
SIAP PASANG: Beberapa anak penghuni Flat Romokalisa­ri bermain di tumpukan box culvert kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia